Kejanggalan Baru Tragedi Malaysia Airlines MH370: Pencarinya Diancam Dibunuh

Selasa, 31 Mei 2022 - 09:25 WIB
loading...
Kejanggalan Baru Tragedi Malaysia Airlines MH370: Pencarinya Diancam Dibunuh
Pencari pesawat Malaysia Airlines MH370 diancam dibunuh. Ini menjadi kejanggalan baru dari tragedi lenyapnya pesawat pembawa 239 orang itu. Foto/REUTERS
A A A
SYDNEY - Blaine Gibson, pria Australia yang membantu mencari pesawat Malaysia Airlines MH370 , mengaku diancam dibunuh ketika melanjutkan misi pencarian pesawat tersebut.

Ini menjadi kejanggalan baru dari tragedi penerbangan MH370 karena terobosan Gibson selama ini dipuji keluarga dari 239 korban.

Pesawat itu lenyap misterius setelah lepas landas dari Bandara Kuala Lumpur pada 8 Maret 2014. Pesawat itu semestinya mendarat di Beijing, China, sesuai yang direncanakan. Ada tujuh warga negara Indonesia (WNI) di antara 239 korban.

Para kerabat korban yang putus asa bahkan pernah bergabung dengan penyelidik independen untuk menyisir pantai Madagaskar setelah pihak berwenang Malaysia gagal menemukan jejak pesawat tersebut.

Namun, dalam film dokumenter Channel 5 terbaru baru, Gibson mengatakan bahwa dia dirundung oleh ancaman pembunuhan dan diikuti oleh sosok-sosok bayangan saat dia melanjutkan pencariannya.

Berbicara di "MH370: The Vanishing", Gibson mengatakan dia takut seseorang yang berusaha mencegah ditemukannya Malaysia Airlines MH370. "Mungkin akan melakukan tindakan kekerasan terhadap saya ...tapi saya tidak tahu siapa," ujarnya.



"Saya mulai mendapatkan ancaman pembunuhan dari orang-orang yang tidak dikenal. Hal-hal seperti 'Tidak ada pesawat, tidak ada Blaine' dan menyuruh saya menghentikan pencarian saya," paparnya.

“Seseorang menelepon teman saya mengatakan saya tidak akan meninggalkan Madagaskar hidup-hidup," imbuh dia.

“Saya sedang diikuti dan saya difoto dan, ya, itu sangat mengganggu. Itu mengintimidasi.”

Film dokumenter tiga bagian ini membahas teori di balik hilangnya pesawat MH370 secara misterius, yang tiba-tiba berubah arah dan menghilang dari radar setelah keluar dari kontrol lalu lintas udara Malaysia.

Film dokumenter itu juga memuat cerita tragis bagi keluarga awak dan penumpang, termasuk Ghyslain Wattrelos, yang kehilangan istri Laurence (51), dan dua dari tiga anak mereka, Hadrien (17), dan Ambre (13), dalam tragedi.

Ayah asal Prancis, yang tinggal di Beijing pada saat itu, mengungkapkan teks terakhir yang memilukan yang dikirim putrinya sebelum naik ke pesawat setelah liburan di Malaysia bersama ibu dan saudara laki-lakinya.

“Teman putri saya menelepon saya dan mengirimi saya SMS terakhir yang dikirim oleh Ambre,” katanya.

"Dikatakan, 'Liburan saya sudah berakhir tetapi saya sangat senang karena besok saya akan melihat ayah saya'."

Grace Nathan, yang sedang belajar di Universitas Bristol, mengingat panggilan terakhir dari Ibunya; Anne Daisy.

“Ibu saya menelepon saya dari bandara. Kami berbicara setiap hari. Dan kata-kata terakhirnya kepada saya adalah, 'Aku mencintaimu',” katanya.

“Saya sangat senang saya mengatakan bahwa saya juga mencintainya karena di keluarga kami, kami jarang mengucapkan kata-kata itu satu sama lain. Kami berbicara tepat sebelum dia naik ke pesawat, tanpa mengetahui bahwa saya tidak akan pernah melihatnya lagi," paparnya.

Misteri MH370 Hilang Kontak

MH370 lepas landas dari Kuala Lumpur tepat setelah tengah malam pada tanggal 8 Maret 2014 dengan 227 penumpang dari 14 negara yang berbeda, serta 12 anggota awak, di dalamnya.



Kapten Zaharie Ahmad Shah, seorang pilot berusia 53 tahun dengan pengalaman 30 tahun, menjalani pemeriksaan dan dokumen biasa sebelum duduk bersama co-pilot First Officer Fariq Abdul Hamid (27) yang berada di penerbangan pelatihan terakhir sebelum penerbangan Boeing 777.

Pada pukul 01.19 pagi, saat mendekati wilayah udara Vietnam, Kapten Zaharie melakukan kontak radio untuk mengatakan "Goodnight Malaysia from 370"—kemudian pesawat menghilang dari radar.

Lebih dari satu jam sebelum pejabat maskapai diberitahu bahwa pesawat itu hilang dan, empat jam kemudian, pada pukul 05.30 pagi, misi pencarian dan penyelamatan diluncurkan.

Tetapi pihak berwenang tidak tahu di mana pesawat yang hilang itu—atau apakah itu masih di udara.

Seiring berjalannya waktu, keluarga berkumpul di hotel-hotel di China dan Malaysia menunggu berita dan merasa tertipu oleh pihak berwenang yang mengatakan sesedikit mungkin.

Teks Menyatakan Semua Meninggal

Meskipun Malaysian Airlines awalnya mengeklaim pesawat itu hanya akan mampu terbang selama empat jam sebelum kehabisan bahan bakar, kemudian diketahui bahwa pesawat itu masih berada di udara setidaknya selama enam jam setelah kehilangan kontak.

Radar militer menangkap penerbangan dengan berbelok hampir 180 derajat, tak lama setelah kontak radio hilang.

Setelah seminggu tanpa berita, polisi mulai mencurigai Kapten Zaharie membajak pesawatnya sendiri dan menggeledah rumahnya, di mana mereka menemukan simulator penerbangan canggih dengan data yang dihapus.

Pada 24 Maret, dua minggu setelah hilangnya MH370, Malaysian Airlines mengeluarkan pernyataan yang mengatakan; "Menurut data baru, penerbangan MH370 berakhir di Samudra Hindia selatan, semua penumpang diasumsikan tewas".

"Kematian Kedua' saat Puing Ditemukan

Setahun setelah pesawat hilang, ketika keluarga dan teman korban berkumpul di Kuala Lumpur, Beijing, dan Paris, masih belum ada tanda-tanda puing-puing dari pesawat.

Namun pada Juli 2015, bagian dari sayap Boeing 777 ditemukan di Pulau Reunion, sebuah wilayah milik Prancis 1.000 km timur Madagaskar.

Ingin membantu keluarga menemukan jejak pesawat, Blaine Gibson memutuskan untuk mencari lebih banyak reruntuhan.

Meskipun tim pencari Australia menyarankan puing-puing akan terdampar di Sumatra, Gibson mengikuti saran ahli kelautan terkemuka Dr Charitha Pattiaratchi, yang mengeklaim arus akan membuat hal itu mustahil dan mendesaknya untuk mencari di Madagaskar dan Mozambik sebagai gantinya.

“Ketika saya sampai di sana, saya bertanya kepada penduduk setempat—nelayan, tukang perahu—di mana puing-puing dari laut lepas terdampar?” katanya.

“Ada gundukan pasir di luar terumbu yang terpapar ke Samudra Hindia, tempat barang-barang terdampar ke darat. Tiba-tiba tukang perahu memanggil nama saya dan berkata, 'Apakah ini Malaysia 370?'”

Segitiga abu-abu, bertuliskan "No Step", ternyata merupakan bagian dari ekor.

Pada bulan Juni 2016, tiga potongan lagi ditemukan dan beberapa keluarga korban, termasuk Wattrelos dan Nathan, terbang ke Madagaskar untuk membantu, menyisir 20 km garis pantai untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut.

Pemerintah Malaysia akhirnya setuju untuk membiarkan perusahaan pencarian swasta, Ocean Infinity, meluncurkan pencarian baru di Samudra Hindia Selatan dengan "tidak menemukan" pada tahun 2018.

Menggunakan penyelidikan berteknologi tinggi, tanpa pengemudi, perusahaan mencari 12 km persegi per hari hingga kedalaman 6000 meter tetapi dibatalkan setelah tidak menemukan apa pun selama 138 hari.

Pada saat yang sama ketika Gibson mulai menerima ancaman pembunuhan, Wattrelos mengatakan bahwa dia dihubungi oleh ribuan orang yang menawarkan untuk membantunya menemukan kebenaran—tetapi dia yakin beberapa memiliki motif jahat.

Dia mulai percaya bahwa pihak berwenang Malaysia atau China menutupi posisi sebenarnya dari kemungkinan kecelakaan itu, karena mereka tidak ingin pesawat itu ditemukan.

“Di suatu tempat di dunia ini seseorang tahu apa yang terjadi dan itu bukan hanya satu orang. Ini adalah cerita besar. Ini cerita kotor. Dan itu melibatkan banyak negara,” katanya.

"Saya sangat yakin ada sesuatu atau seseorang di pesawat yang mereka tidak ingin tiba di Beijing sehingga mereka menembak jatuh pesawat itu," ujarnya, seperti dikutip The Sun, Selasa (31/5/2022).

Tidak ada bukti yang mendukung teori ini dan setiap ancaman terhadap Gibson hanya membuatnya lebih bertekad untuk mencari kebenaran.

“Saya hanya mengubah hidup saya sehingga efektif membuat saya pergi ke bawah tanah tetapi tidak efektif membuat saya berhenti,” katanya.

Pilot "Kelaparan Oksigen"?

Terlepas dari banyaknya teori konspirasi, sebagian besar ahli dalam film dokumenter itu menyimpulkan bahwa tindakan yang disengaja oleh Kapten Zaharie adalah penyebab paling mungkin dari kecelakaan itu.

Christina Negroni, mantan penyelidik keselamatan, memiliki teori bahwa pilot—yang digambarkan sebagai pria mapan tanpa masalah kesehatan mental—mungkin menderita hipoksia, atau kekurangan oksigen, setelah kabin gagal memberi tekanan.

“Teori saya adalah satu-satunya penjelasan logis oleh seorang pilot yang tidak memiliki alasan yang jelas untuk melakukan hal-hal yang dia lakukan,” katanya, seraya menambahkan bahwa hipoksia telah menyebabkan kecelakaan udara di masa lalu termasuk pesawat Helios 2004 di Yunani, yang menewaskan 115 orang.

“Ini seperti mabuk. Anda tidak mendapatkan cukup oksigen, Anda mulai merasa pusing dan pening. Pada dasarnya Anda menjadi bodoh,” katanya.

“Saya pikir First Officer Fariq sedang menerbangkan pesawat. Saya pikir tekanan itu gagal dan dia tahu dia harus melakukan sesuatu jadi dia berbalik dan kembali ke Kuala Lumpur."

“Saat itulah pikiran kekurangan oksigen terakhir dapat bertahan, dan kemudian dia jatuh pingsan. Dan pesawat itu terus berjalan sampai kehabisan bahan bakar, seperti Helios.”

Namun mantan pilot Mike Keane mengatakan "tidak terbayangkan" bahwa co-pilot terbang.

“Masuk akal untuk menganggap pesawat itu dibajak oleh kapten," ujarnya.

"Saya pikir ada sedikit keraguan kapten menekan pesawat dan penumpang menjadi hipoksia dan tidak sadarkan diri dan akhirnya akan menyebabkan kematian."

Larry Vance, seorang penyelidik kecelakaan udara dari pemerintah Kanada, percaya penemuan kepakan sayap menunjukkan pilot ingin pesawat tenggelam tanpa putus.

“Pesawat itu tidak masuk air dengan kecepatan tinggi, tapi masuk ke air dengan kecepatan rendah,” katanya. “Seseorang di akhir penerbangan mengendalikan pesawat."

“Penyelidikan resmi memberi tahu dunia bahwa pesawat ini terbang tanpa pilot selama lima atau enam jam dan akhirnya kehabisan bahan bakar. Kami tahu itu tidak terjadi," imbuh dia.

“Pada tahap terakhir penerbangan, pilot memiliki niat untuk meletakkan pesawat di atas air sedemikian rupa sehingga menyebabkan kerusakan minimal, membuatnya tenggelam ke dasar utuh dan tidak ada yang akan melihatnya lagi. Itu akan menjadi misteri terbesar dalam sejarah penerbangan," paparnya.

Namun, teman-teman Zaharie membantah keterlibatannya.

Seorang pramugari, Georgina Tan, berkata: “Saya dan Kapten Zaharie sering terbang bersama. Saya orang yang sangat cerewet dan dia ramah jadi kami banyak mengobrol."

“Dia adalah seorang humoris, orang yang iseng, tetapi saya belum pernah melihatnya kehilangan kesabaran. Dia pria yang easy guy. Tidak ada tulang yang buruk di tubuhnya," ujarnya.

Meskipun pencarian paling mahal yang pernah dilakukan, keluarga para korban masih menghadapi lebih banyak pertanyaan daripada jawaban.

"Bisakah Anda mulai berduka ketika Anda tidak tahu apa yang terjadi?" kata Nathan.

“Semacam harapan tetap ada. Saya berbicara tentang Ibu saya dalam present tense. Saya tidak pernah menyebutnya sebagai orang yang pergi, saya menyebutnya sebagai orang yang hilang," paparnya.

“Ini adalah hal-hal yang diidentifikasi dalam diri saya sebagai tidak dapat menerima bahwa dia telah pergi.”

Bagi Wattrelos, rasa sakit dan kemarahan dilunakkan dengan kenangan indah.

"Ini lucu tapi saya hanya bisa mengingat hal-hal yang baik," katanya. “Ketika saya memikirkan mereka, itu adalah momen yang bagus. Mereka masih bersama saya, dengan cara yang baik," katanya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0649 seconds (0.1#10.140)