Terus Pasok Senjata, Putin Peringatkan Macron dan Scholz

Minggu, 29 Mei 2022 - 10:49 WIB
loading...
Terus Pasok Senjata, Putin Peringatkan Macron dan Scholz
Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan residen Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Olaf Scholz peningkatkan pasokan senjata picu destabilisasi. Foto/Al Jazeera
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin telah memperingatkan Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Olaf Scholz terhadap peningkatan pasokan senjata ke Ukraina . Putin mengatakan hal itu dapat menyebabkan destabilisasi lebih lanjut.

Kremlin mengatakan Putin membuat pernyataan itu selama panggilan telepon tiga arah dengan para pemimpin Prancis dan Jerman pada hari Sabtu di mana ia memperingatkan terhadap pengiriman senjata Barat yang berkelanjutan ke Ukraina, dan menyalahkan gangguan konflik terhadap pasokan makanan global pada sanksi Barat.

Kremlin mengatakan Putin mengatakan kepada Macron dan Scholz bahwa melanjutkan pasokan senjata ke Ukraina "berbahaya", dan dia memperingatkan risiko destabilisasi lebih lanjut dari situasi dan memperburuk krisis kemanusiaan.

"Selama panggilan 80 menit, Macron dan Scholz sebagai imbalannya mendesak gencatan senjata segera di Ukraina dan penarikan pasukan Rusia dari negara itu," menurut juru bicara kanselir Jerman seperti dikutip dari Al Jazeera, Minggu (29/5/2022).

Juru bicara itu juga mengatakan kedua pemimpin Eropa mendesak Putin untuk terlibat dalam negosiasi serius dan langsung dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy untuk mengakhiri pertempuran.



Rilis Kremlin dari panggilan tiga arah itu mengatakan pemimpin Rusia menegaskan keterbukaan pihak Rusia untuk dimulainya kembali dialog, tanpa menyebutkan kemungkinan pembicaraan langsung antara Putin dan Zelenskyy.

Pembicaraan antara delegasi Rusia dan Ukraina telah diadakan baik secara langsung maupun melalui tautan video sejak serangan militer Rusia tetapi baru-baru ini terhenti.

Kremlin juga mengatakan bahwa Putin menekankan selama pertukaran pandangan yang mendalam dengan Macron dan Scholz bahwa Rusia sedang bekerja untuk membangun kehidupan yang damai di Mariupol dan kota-kota lain yang dibebaskan di Donbas – wilayah Ukraina di mana pasukan Rusia sekarang berjuang untuk mendapatkan kendali penuh.

Laporan presiden Prancis pada panggilan hari Jumat mencatat bahwa Macron dan Scholz juga meminta Putin untuk melepaskan sekitar 2.500 pejuang Ukraina yang bertahan selama berminggu-minggu di dalam pabrik baja Azovstal di Mariupol dan kemudian menyerah kepada tentara Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2581 seconds (0.1#10.140)