Rusia Lepaskan Rudal Hipersonik Zircon dari Kapal Perang

Minggu, 29 Mei 2022 - 06:00 WIB
loading...
Rusia Lepaskan Rudal Hipersonik Zircon dari Kapal Perang
Rusia Lepaskan Rudal Hipersonik Zircon dari Kapal Perang. FOTO/TASS
A A A
MOSKOW - Kapal Fregat Laksamana Gorshkov milik Angkatan Laut Rusia menembakkan rudal jelajah hipersonik Zircon dari Laut Barents ke sasaran laut yang terletak di Laut Putih. Hal itu diungkapkan Kementerian Pertahanan Rusia kepada wartawan, Sabtu (28/5/2022).

“Hari ini, kapal frigat Project 22350 Laksamana Gorshkov menembakkan rudal jelajah hipersonik Zircon ke posisi target laut di Laut Putih dari Laut Barents,” kata kementerian itu, seperti dikutip dari kantor berita TASS.



Kementerian mencatat bahwa penembakan itu adalah bagian dari pengujian senjata jenis baru. “Menurut data kontrol objektif, rudal jelajah hipersonik Zircon berhasil mencapai target laut yang terletak pada jarak sekitar 1.000 km,” lanjut pernyataan kementerian itu.

Video yang dirilis oleh kementerian menunjukkan rudal ditembakkan dari sebuah kapal dan melesat ke langit pada lintasan yang curam.

Presiden Vladimir Putin menggambarkan Zircon sebagai bagian dari generasi baru sistem persenjataan yang tak tertandingi. Senjata hipersonik dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan sembilan kali kecepatan suara, dan Rusia telah melakukan uji peluncuran Zircon sebelumnya dari kapal perang dan kapal selam pada tahun lalu.



Militer Rusia telah menderita kerugian besar manusia dan peralatan selama invasi tiga bulan ke Ukraina, yang disebutnya "operasi khusus", tetapi terus melakukan uji coba senjata tingkat tinggi untuk mengingatkan dunia akan kehebatannya dalam teknologi rudal.

Bulan lalu negara itu meluncurkan uji coba rudal antarbenua berkemampuan nuklir baru, Sarmat, yang mampu membawa 10 atau lebih hulu ledak dan menyerang Amerika Serikat.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)