Rusia Rilis Peta Koridor Kemanusiaan Pelabuhan Mariupol untuk Kapal Asing

Sabtu, 28 Mei 2022 - 00:30 WIB
loading...
Rusia Rilis Peta Koridor Kemanusiaan Pelabuhan Mariupol untuk Kapal Asing
Suasana pelabuhan Mariupol yang siap membuka koridor kemanusiaan. Foto/Sputnik/Konstantin Mihalchevskiy
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia telah menerbitkan peta koridor kemanusiaan bagi kapal-kapal asing untuk keluar dari pelabuhan Mariupol.

Sebelumnya, Kepala Republik Rakyat Donetsk Denis Pushilin mengatakan pelabuhan Mariupol akan beroperasi penuh pada 27 atau 28 Mei 2022.

Rusia Rilis Peta Koridor Kemanusiaan Pelabuhan Mariupol untuk Kapal Asing


Keluar dari pelabuhan ke area tujuh mil laut dari Mariupol akan dilakukan pada siang hari disertai dengan kapal-kapal tunda.

Baca juga: Legislator Rusia Ancam Ubah Eropa Menjadi Abu

Pembukaan koridor menjadi mungkin karena Rusia sebelumnya mengatakan mereka telah membersihkan wilayah perairan pelabuhan dari ranjau.



Baca juga: Negarawan AS: Rusia Bisa Keluar dari Eropa dan Jadi Sekutu Permanen China

“Sebagai hasil dari serangkaian tindakan yang dilakukan pasukan Angkatan Laut Rusia, bahaya ranjau di wilayah perairan pelabuhan Mariupol telah dihilangkan dan kapal-kapal sipil dapat dengan aman menggunakan pelabuhan,” ungkap Kepala Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia Kolonel Jenderal Mikhail Mizintsev.

Menurut pernyataan Mizintsev, mulai pukul 08:00 waktu Moskow pada 25 Mei, Angkatan Bersenjata Rusia membuka koridor kemanusiaan laut di Laut Azov dengan panjang 115 mil dan lebar 2 mil yang beroperasi 24 jam sehari.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1277 seconds (10.101#12.26)