Pendaki Kirgistan Singkirkan Bendera Ukraina dari Puncak Putin

Sabtu, 28 Mei 2022 - 00:15 WIB
loading...
Pendaki Kirgistan Singkirkan Bendera Ukraina dari Puncak Putin
Bendera nasional Rusia dan Kirgistan berada di Puncak Vladimir Putin setinggi 4446 meter di pegunungan Tian Shan, sekitar 100 km setelatan ibu kota Kirgistan, Bishkek, 17 September 2012. Foto/REUTERS
A A A
BISHKEK - Federasi pendakian Kirgistan mengatakan pada Jumat (27/5/2022) bahwa mereka telah menurunkan bendera Ukraina dari puncak gunung yang dinamai menurut nama Presiden Rusia Vladimir Putin.

Langkah tersebut dilakukan menyusul penyelidikan polisi atas aksi tersebut.

Awal pekan ini, seorang pengguna Twitter yang mengidentifikasi sebagai pendaki memposting video bendera Ukraina yang berkibar di sebelah plakat yang menandai gunung itu sebagai Puncak Putin, 4.446 meter di atas permukaan laut.



“Pengguna Twitter tersebut mengkonfirmasi dia dan rekan pendakiannya telah diwawancarai, tetapi tidak didakwa,” ungkap pernyataan kepolisian kota, meskipun sebelumnya polisi menyebut para pelaku dapat didenda.



Pendaki itu tidak mengakui telah memasang bendera, malah menyalahkan aksi tersebut pada "semacam hooligan", dalam posting Twitter pada Selasa.

Tetapi anggota federasi pendakian gunung bekas republik Soviet menurunkan bendera Ukraina itu pada Kamis dan menggantinya dengan bendera Kirgistan.

Kepala federasi pendakian gunung Eduard Kubatov mengatakan kepada AFP pada Jumat bahwa "tidak ada politik" dalam keputusan menurunkan bendera Ukraina dan mengklaim misi itu adalah inisiatif federasi sendiri.

"Tidak menyenangkan bagi saya bahwa saya telah terseret ke dalam politik... Bendera Kirgistan harus berkibar di pegunungan Kirgistan, itu saya yakin," tegas Kubatov melalui telepon.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)