Diminta Serahkan Wilayah ke Rusia, Penasihat Zelensky: Brengsek, Apa Anda Gila?

Kamis, 26 Mei 2022 - 07:06 WIB
loading...
Diminta Serahkan Wilayah ke Rusia, Penasihat Zelensky: Brengsek, Apa Anda Gila?
Ledakan guncang area pabrik baja Azovstal di Mariupol, Ukraina, yang dikuasai pasukan Rusia. Para pejabat Kiev menolak saran agar menyerahkan sebagian wilayah Ukraina ke Rusia demi perdamaian. Foto/REUTERS/Alexander Ermochenko
A A A
KIEV - Penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Alexey Arestovich, mengumbar umpatan kasar saat merespons saran pejabat Barat agar Kiev menyerahkan sebagian wilayah ke Rusia demi perdamaian.

Saran itu disampaikan mantan menteri luar negeri Amerika Serikat (AS) Henry Kissinger saat berbicara di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Senin.

Kissinger mendesak Ukraina untuk segera berdamai dan berusaha kembali seperti sebelum Februari atau sebelum invasi Rusia.

“Persetan dengan proposal seperti itu, dasar brengsek, untuk menukar wilayah Ukraina sedikit! Apakah Anda benar-benar gila?" kesal Arestovich dalam sebuah wawancara pada hari Rabu.



"Anak-anak kami sekarat, tentara menghentikan peluru dengan tubuh mereka sendiri, dan mereka memberi tahu kami cara mengorbankan wilayah kami. Ini tidak akan pernah terjadi,” lanjut dia, seperti dilansir Russia Today, Kamis (26/5/2022).

Arestovich mengkritik logika suara-suara "mengembik" yang mendorong Ukraina untuk "mengekang nafsu makannya" dan untuk memberi Rusia wilayah yang diinginkannya.

Penasihat Presiden Zelensky lainnya, Mikhail Podoliak, menyampaikan penolakan senada melalui Telegram.

“Kami tidak menjual warga, wilayah, atau kedaulatan kami. Ini adalah garis merah yang jelas," katanya.

"Masyarakat Ukraina telah membayar harga yang mengerikan dan tidak akan membiarkan siapa pun bahkan mengambil langkah ke arah ini--tidak ada pemerintah dan tidak ada negara," lanjut Podoliak.

"Siapa pun yang menyerukan kompromi semacam itu akan mendapatkan tanggapan berprinsip dari Kiev."

Podoliak melanjutkan, meskipun tidak ada yang menginginkan aksi militer yang panjang atau krisis pangan, cara terpendek untuk mengakhiri perang adalah dengan senjata, sanksi dan bantuan keuangan ke Ukraina.

“Ukraina membela Kiev, membebaskan tiga wilayah dan menyelesaikan pembebasan wilayah keempat. Hari ini, orang yang sama menawarkan kami untuk memberi Rusia [wilayah Ukraina] timur dan selatan. Terima kasih atas sarannya, tetapi kami mungkin akan mengangkat senjata," imbuh penasihat presiden tersebut.

Ukraina sebelumnya bersikeras bahwa mereka tidak akan menyetujui proposal perdamaian apa pun yang tidak menghormati perbatasan pra-2014.

Moskow menjelaskan bahwa kemerdekaan Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Luhansk, serta status Crimea sebagai wilayah Rusia, tidak untuk didiskusikan.

Rusia menyerang negara tetangga itu mulai 24 Februari, yang menurut Moskow, akibat kegagalan Ukraina untuk mengimplementasikan persyaratan perjanjian Minsk tahun 2014.

Serangan juga dimulai setelah Moskow secara resmi mengakui Donetsk dan Luhansk di Donbass, Ukraina timur, sebagai negara merdeka.

Namun, Kiev menegaskan serangan Rusia benar-benar tidak beralasan dan membantah klaim bahwa pihaknya berencana untuk merebut kembali kedua wilayah Donbass itu dengan paksa.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1772 seconds (0.1#10.140)