Terungkap, Putin Lolos dari 5 Upaya Pembunuhan Termasuk 2 Bulan Lalu

Rabu, 25 Mei 2022 - 00:07 WIB
loading...
Terungkap, Putin Lolos dari 5 Upaya Pembunuhan Termasuk 2 Bulan Lalu
Presiden Rusia Vladimir Putin telah lolos dari lima upaya pembunuhan dalam beberapa tahun terakhir. Yang terbaru terjadi sekitar dua bulan lalu setelah invasi Rusia ke Ukraina. Foto/The Sun
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin telah lolos dari lima upaya pembunuhan selama beberapa tahun terakhir. Yang terbaru terjadi sekitar dua bulan lalu setelah invasi militer Moskow ke Ukraina.

Media Inggris, The Sun, pada Selasa (24/5/2022), melaporkan bahwa pemimpin Kremlin itu sekarang sangat takut akan hidupnya sehingga dia dikelilingi oleh tim elite sniper.

Upaya pembunuhan terbaru, lanjut laporan tersebut, terjadi pada awal-awal invasi Rusia ke Ukraina, meskipun rinciannya baru muncul sekarang.

Kepala Intelijen Pertahanan Ukraina Mayor Jenderal Kyrylo Budanov mengatakan telah ada upaya yang gagal pada kehidupan Putin.

“Putin diserang,” kata Budanov kepada Ukrayinska Pravda.

“Dia bahkan diserang di barisan, seperti yang mereka katakan, perwakilan Kaukasus belum lama ini."



“Ini adalah informasi non-publik. Upaya yang sama sekali tidak berhasil, tetapi itu benar-benar terjadi...Itu sekitar dua bulan yang lalu," katanya.

“Sekali lagi, dia tidak berhasil. Tidak ada publisitas tentang kejadian ini, tetapi itu terjadi.”

Tidak jelas siapa yang berada di balik dugaan serangan atau di mana itu terjadi.

Putin sekarang dilaporkan sangat ketakutan dan paranoid atas upaya lain untuk membunuhnya, di mana dia kini dikelilingi dengan sniper dan diperkirakan bepergian ke mana-mana bersama mereka.

Tim elite sniper memiliki satu pekerjaan yang sangat penting, yakni untuk menemukan penembak lain dan menghabisi mereka.

Putin sebelumnya dilaporkan telah mencari perlindungan di bunkernya yang terisolasi. Bahkan, laporan media Ukraina juga menyebut Putin memiliki pencicip makanan untuk melindunginya dari keracunan.

Ada juga desas-desus bahwa mantan mata-mata KGB itu memesan sarung tangan khusus untuk melindungi kulitnya dari kemungkinan paparan zat pembunuh.

Ketakutan Putin bisa jadi beralasan, karena setidaknya ada empat upaya sebelumnya dalam hidupnya.

Diincar di Azerbaijan

Selama kunjungan kenegaraan oleh Putin ke Azerbaijan pada Januari tahun 2002, seorang pria Irak ditangkap setelah terindikasi merencanakan untuk membunuh Presiden Rusia tersebut.

Pria Irak itu memiliki hubungan dengan pasukan pemberontak Afghanistan dan Chechnya. Dia diatur untuk mengirimkan bahan peledak ke rekan konspirator.

Pasukan keamanan mengetahui rencana tersebut dan menangkap pria Irak dan komplotannya. Mereka divonis 10 tahun penjara.

Bom di Bawah Jalan Raya

Pada November 2002, rincian plot lain terhadap kehidupan Putin muncul.

Pemimpin Rusia itu seharusnya mengemudi di sepanjang jalan raya dekat Kremlin.

Di sepanjang jalan ada sekelompok orang yang mengaku sedang memasang rambu baru.

Hanya satu jam kemudian, sebuah outlet media setempat melaporkan bahwa 40kg bahan peledak telah ditemukan akan meledak di sepanjang jalan. Perangkat itu kemudian menghilang secara misterius dan mobil Putin dialihkan.

Para pejabat Rusia, hingga hari ini, menolak berkomentar tentang masalah ini dan bahkan menyangkal itu pernah terjadi.

Plot di Inggris

Polisi anti-teror Inggris dilaporkan menggagalkan rencana untuk membunuh Putin pada Oktober 2003.

Seorang sumber mengatakan kepada The Sunday Times, dua tersangka pria telah ditangkap. Namun, mereka telah dibebaskan tanpa tuduhan dan dipulangkan ke Rusia.

Kedua pria tersebut, yang diduga mantan pembunuh bayaran dinas rahasia Rusia, merencanakan agar Putin ditembak oleh sniper saat melakukan perjalanan ke luar negeri.

Laporan tersebut mengeklaim bahwa mantan agen Rusia itu mengenal seorang perwira senior di Federal Security Service (FSB), layanan keamanan negara Rusia dan penerus KGB Soviet, yang akan memberikan informasi tentang pergerakan Putin saat berada di luar negeri, yang memungkinkan para pembunuh untuk melakukan serangan.

Rincian telah diberikan kepada polisi Inggris oleh Alexander Litvinenko, mantan perwira FSB yang membelot ke Inggris tiga tahun sebelumnya.

Polisi Inggris mengonfirmasi pada saat dua pria, berusia 40 dan 36 tahun, ditahan sehubungan dengan tuduhan tersebut tetapi mereka dibebaskan setelah diinterogasi dan mengatakan tidak ada tindakan lebih lanjut yang akan diambil terhadap mereka.

Plot dari Pemberontak Chechnya

Pemberontak Chechnya, Adam Osmayev, yang diklaim memiliki hubungan dengan Inggris, diperlihatkan di televisi Rusia setelah berencana membunuh Putin pada 2012, namun digagalkan pasukan khusus Rusia.

Putin pada saat itu menjabat sebagai Perdana Menteri Rusia.

Osmayev, yang kemudian disebut "teroris" itu ditangkap oleh pasukan khusus Ukraina di pelabuhan Laut Hitam Ukraina di Odesa.

Dia kemudian muncul di televisi pemerintah Rusia, setengah telanjang dan dengan luka yang jelas, membuat pengakuan yang seharusnya.

Osmayev mengatakan dalam penampilannya: "Tujuan kami adalah pergi ke Moskow dan mencoba membunuh Perdana Menteri Putin...Batas waktu kami adalah setelah pemilihan presiden Rusia."

Dinas keamanan Rusia sebelumnya mengeklaim bahwa Osmayev adalah lulusan lembaga pendidikan tinggi bergengsi di Inggris Raya, dan berasal dari keluarga Chechnya terkemuka yang menentang Putin.

Osmayev tidak sendirian. Sang istri, Amina Okueva, juga ditangkap oleh unit anti-teroris layanan khusus Ukraina, Alfa, setelah ledakan yang tidak disengaja pada Januari 2012 di sebuah apartemen Odesa yang menewaskan terduga "teroris" ketiga, Ruslan Madayev.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0565 seconds (0.1#10.140)