Lithuania Serukan Koalisi Angkatan Laut untuk Kawal Gandum Ukraina

Selasa, 24 Mei 2022 - 21:30 WIB
loading...
Lithuania Serukan Koalisi Angkatan Laut untuk Kawal Gandum Ukraina
Lithuania serukan koalisi angkatan laut untuk kawal gandum Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Koalisi angkatan laut internasional harus disatukan untuk memastikan kapal yang membawa gandum Ukraina dapat meninggalkan pelabuhan Laut Hitam di tengah dugaan blokade garis pantai oleh Rusia . Usulan itu dilontarkan Menteri Luar Negeri Lithuania Gabrielius Landsbergis.

Landsbergis mengusulkan gagasan itu selama pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss di London pada hari Senin, jelasnya kepada media Inggris The Guardian dalam sebuah wawancara. Truss dilaporkan menyuarakan dukungan Inggris, pada prinsipnya, untuk koalisi semacam itu.

Rusia telah membantah bahwa mereka memberlakukan blokade laut di Ukraina, menyebut laporan itu "spekulasi," dan bersikeras bahwa Kiev sendiri telah menyebabkan masalah logistik untuk pengiriman dengan menanam ranjau di pelabuhannya sendiri.

Tetapi menurut Menteri Luar Negeri Lithuania, koalisi negara-negara yang bersedia – dengan kekuatan angkatan laut yang signifikan diperlukan untuk melindungi rute pelayaran di Laut Hitam dari Rusia.

Landsbergis mengatakan operasi pengawalan angkatan laut ini seharusnya tidak melibatkan NATO.

“Ini akan menjadi misi kemanusiaan non-militer dan tidak sebanding dengan zona larangan terbang,” katanya kepada The Guardian seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (24/5/2022).



Baca juga: Protes Invasi Rusia, Wakil AS dan 4 Negara Lain Tinggalkan Pertemuan APEC

Tidak hanya Inggris, tetapi negara-negara yang dilanda kekurangan biji-bijian, termasuk Mesir, dapat bergabung dalam operasi tersebut, saran diplomat tinggi Lithuania itu.

“Waktunya sangat sangat singkat. Kami mendekati panen baru dan tidak ada cara praktis lain untuk mengekspor biji-bijian kecuali melalui pelabuhan Laut Hitam Odessa,” tegasnya.

“Sangat penting bagi kami untuk menunjukkan kepada negara-negara yang rentan bahwa kami siap untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memberi makan dunia,” imbuhnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1633 seconds (11.210#12.26)