China Sebut Amerika Bermain Api dan Akan Terbakar Sendiri

Selasa, 24 Mei 2022 - 04:27 WIB
loading...
China Sebut Amerika Bermain Api dan Akan Terbakar Sendiri
Ilustrasi
A A A
BEIJING - Amerika Serikat (AS) “bermain dengan api” dan “akan terbakar sendiri”, kata kantor urusan Taiwan Dewan Negara China. Komentar itu muncul setelah Presiden AS Joe Biden berjanji untuk membela Taiwan jika Beijing berusaha untuk menguasainya, kantor berita negara Xinhua melaporkan pada Senin (23/5/2022).

"Mencoba memainkan 'kartu Taiwan' dan 'menggunakan Taiwan untuk mengendalikan China' adalah bermain api, dan mereka yang bermain api akan terbakar," kata juru bicara dewan, Zhu Fenglian.

Baca: Biden Janjikan Respons Militer AS jika China Invasi Taiwan

“Masalah Taiwan adalah (bagian dari) urusan dalam negeri China dan tidak ada campur tangan asing yang diizinkan. Prinsip Satu-Cina adalah dasar politik hubungan Tiongkok-AS. Kami mendesak pihak AS untuk berhenti membuat pernyataan atau mengambil tindakan apa pun yang melanggar prinsip Satu-China dan tidak melangkah lebih jauh dan lebih jauh ke jalan yang salah,” lanjut Fenglian.

Sebelumnya, Biden mengatakan dia akan bersedia menggunakan kekuatan militer untuk membela Taiwan melawan China.

"Kami setuju dengan kebijakan Satu China, kami menandatanganinya. Tetapi gagasan bahwa itu dapat diambil dengan paksa tidak tepat, itu akan membuat seluruh wilayah terkilir dan akan menjadi tindakan lain yang serupa dengan Ukraina," kata Biden.



Namun, kemudian pada hari Senin, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan kebijakan Washington terhadap Taiwan tidak berubah.

Baca: China Peringatkan Kapal Perang AS saat Transit di Selat Taiwan

Ini adalah kedua kalinya Biden bersumpah untuk campur tangan dalam membantu Taiwan melawan China jika diperlukan. Dia menjawab "ya" ketika ditanya di balai kota tahun lalu tentang membela Taiwan. “Kami memiliki komitmen untuk itu,” katanya kemudian.

Gedung Putih kemudian menekankan bahwa kebijakan terhadap Taiwan tidak berubah. AS memiliki kebijakan lama tentang “ambiguitas strategis” yang memungkinkan untuk meningkatkan pertahanan Taiwan, tetapi tidak secara eksplisit membantunya.
(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1283 seconds (10.55#12.26)