Zelensky: Perang Akan Berakhir Melalui Meja Perundingan

Minggu, 22 Mei 2022 - 05:26 WIB
loading...
Zelensky: Perang Akan Berakhir Melalui Meja Perundingan
Zelensky: Perang Akan Berakhir Melalui Meja Perundingan. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memperingatkan pada Sabtu (21/5/2022), bahwa hanya terobosan diplomatik yang dapat mengakhiri perang Rusia di negaranya, karena Moskow memotong pasokan gas ke Finlandia.

"Ada hal-hal yang hanya bisa dicapai di meja perundingan," kata Zelensky, seperti dikutip dari AFP. Pernyataan itu dilontarkan Zelensky ketika Rusia mengklaim rudal jarak jauhnya telah menghancurkan pengiriman senjata Barat yang ditujukan untuk pasukan Ukraina.

Baca: Moskow Terbitkan Daftar 963 Warga AS yang Dilarang Masuk ke Rusia

Pemimpin Ukraina itu juga bersikeras negaranya yang dilanda perang harus menjadi kandidat penuh untuk bergabung dengan Uni Eropa. Ia menolak saran dari Presiden Prancis Emmanuel Macron dan beberapa pemimpin Uni Eropa lainnya, bahwa semacam komunitas politik terkait dibuat sebagai zona tunggu untuk penawaran keanggotaan.

"Kami tidak membutuhkan kompromi seperti itu," kata Zelensky dalam konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Portugal Antonio Costa.

"Karena, percayalah, itu tidak akan berkompromi dengan Ukraina di Eropa, itu akan menjadi kompromi lain antara Eropa dan Rusia. Saya benar-benar yakin akan hal itu," dia memperingatkan.



Baca: Inggris Prediksi Pasukan Rusia Kemungkinan Akan Dipindahkan dari Mariupol

Setelah lebih dari 12 minggu pertempuran sengit, pasukan Ukraina telah menghentikan upaya Rusia untuk merebut Kiev dan kota utara Kharkiv. Tetapi, Ukraina berada di bawah tekanan baru dan intens di wilayah Donbas timur.

Tentara Moskow telah meratakan dan merebut kota pelabuhan tenggara Mariupol dan menundukkan pasukan Ukraina dan kota-kota di timur menjadi serangan darat dan artileri tanpa belas kasihan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1308 seconds (10.177#12.26)