Partai Buruh Menangi Pemilu Australia, Morrison Akui Kekalahan

Sabtu, 21 Mei 2022 - 21:01 WIB
loading...
A A A
Dia berjanji untuk meningkatkan upah bagi pekerja, meningkatkan jaring pengaman sosial dan melakukan lebih untuk memerangi perubahan iklim di negara yang mengekspor lebih banyak bahan bakar fosil daripada negara mana pun selain Rusia dan Arab Saudi.

Koalisi Morrison membuntuti Partai Buruh dalam survei opini sepanjang kampanye saat bersaing untuk masa jabatan keempat, dengan 26 juta orang di negara itu frustrasi atas manajemen pandemi dan penanganannya terhadap bencana alam terkait perubahan iklim.

Dalam survei terakhir Newspoll sebelum pemilihan, peringkat dukungan bersih Morrison hampir tiga kali lebih rendah dari lawannya.



Albanese akan segera menghadapi ujian kebijakan luar negeri, karena pemimpin Australia akan berangkat ke Tokyo untuk berpartisipasi dalam pertemuan Quad bersama Presiden Joe Biden, Fumio Kishida dari Jepang dan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Pengelompokan negara-negara demokrasi telah mengambil momentum dalam beberapa tahun terakhir sebagai blok utama yang melawan kekuatan ekonomi dan militer China yang tumbuh di kawasan itu.

Meskipun Morrison berusaha menampilkan Albanese sebagai sosok yang lunak terhadap China, Partai Buruh mengadopsi kebijakan yang sangat mirip dengan pemerintah terhadap mitra dagang terbesar Australia itu.

Hubungan antara kedua negara telah memburuk dalam beberapa tahun terakhir ketika Morrison menyerukan penyelidikan tentang asal-usul COVID-19 dan berusaha membendung campur tangan politik China, yang mengarah pada pembalasan perdagangan dari Beijing.

Pakta keamanan China dengan Kepulauan Solomon, yang terletak sekitar 2.000 kilometer dari Australia, mengganggu upaya Morrison untuk menjadikan pertahanan nasional sebagai bagian penting dari strategi kampanyenya. Partai Buruh menggambarkan pengumuman itu sebagai kegagalan kebijakan luar negeri Canberra yang terburuk sejak Perang Dunia II, dengan Albanese berjanji untuk memperbaiki hubungan dengan negara tetangga Pasifik itu.

Sementara jajak pendapat menunjukkan dukungan untuk kampanye Partai Buruh atas “krisis biaya hidup” di Australia, beberapa di dalam tim Albanese secara terbuka memperkirakan kemenangan setelah kemenangan mengejutkan Morrison pada 2019, yang ia gambarkan sebagai “keajaiban.” Sekarang partai itu akhirnya bisa merayakannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)