PBB Akui Ekspor Rusia Dapat Atasi Krisis Pangan Global

Kamis, 19 Mei 2022 - 20:03 WIB
loading...
PBB Akui Ekspor Rusia Dapat Atasi Krisis Pangan Global
Mesin-mesin dioperasikan untuk memanen gandum di lahan pertanian di Rusia. Foto/REUTERS
A A A
NEW YORK - Produk makanan dan pupuk dari Rusia, Ukraina dan Belarusia harus diizinkan di pasar dunia jika komunitas global ingin membendung krisis pangan yang sedang berlangsung.

Pernyataan tegas itu diungkapkan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres pada pertemuan tingkat menteri tentang ketahanan pangan global pada Rabu (18/5/2022).

“Mari kita perjelas, tidak ada solusi yang lebih efektif untuk krisis pangan tanpa reintegrasi produksi pangan Ukraina, serta makanan dan pupuk yang diproduksi oleh Rusia dan Belarusia, ke pasar dunia,” tegas dia, dilansir RT.com.



Awal bulan ini, Guterres memperingatkan seperlima umat manusia berada dalam risiko kemiskinan dan kelaparan karena situasi saat ini di pasar gandum, dengan harga gandum melonjak menyusul sanksi Barat yang dikenakan pada Rusia dan Belarusia.



Presiden Rusia Vladimir Putin baru-baru ini menyatakan ancaman kelaparan global adalah hasil dari “obsesi sanksi” Barat.



Menurut Guterres, alih-alih menjadi satu-satunya penyebab krisis pangan saat ini, operasi militer Rusia telah menambah masalah yang sudah mempengaruhi situasi, yaitu perubahan iklim dan pandemi Covid-19.

Rusia, Ukraina dan Belarusia, tegas dia, adalah pemimpin dalam produksi pupuk dan produk makanan, yang tidak boleh diabaikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1858 seconds (0.1#10.140)