Erdogan Sebut Swedia Sarang Teroris, Ancam Veto Upaya Gabung NATO

Kamis, 19 Mei 2022 - 18:01 WIB
loading...
Erdogan Sebut Swedia Sarang Teroris, Ancam Veto Upaya Gabung NATO
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto/twitter
A A A
ANKARA - Turki bertekad memblokir aplikasi Swedia dan Finlandia untuk bergabung NATO kecuali masalah keamanan negara itu ditangani.

Presiden Recep Tayyip Erdogan mengungkapkan hal itu dengan menyebut Swedia sebagai sarang teroris.

"NATO adalah organisasi keamanan. Kami tidak dapat menerima kehadiran organisasi teroris di dalamnya," tegas Erdogan, berbicara kepada para mahasiswa di Perpustakaan Kepresidenan di Ankara, Kamis (19/5/2022), dilansir Sputnik.

Baca juga: Amerika Serikat Gempar, Deteksi Kasus Pertama Penyakit Langka

Mencirikan Swedia sebagai "sarang teroris," Erdogan menekankan, "NATO membutuhkan kebulatan pendapat yang lengkap, dan jika satu negara mengatakan 'tidak', mereka tidak dapat bergabung dengan NATO."

Baca juga: AS Ketir-ketir Korut Akan Uji Rudal Nuklir saat Biden Kunjungi Korsel

"Saya merasa berguna untuk mengevaluasi masalah NATO. Seperti yang Anda tahu ... Swedia, Finlandia, negara-negara ini menjadi tuan rumah pusat teroris di negara mereka sendiri," ujar presiden Turki itu.

Baca juga: Akun Medsos Presiden dan PM Singapura Dibanjiri Spam Pendukung UAS

Dia menunjuk secara khusus dugaan kehadiran organisasi PKK dan YPG, partai politik dan pasukan milisi Kurdi Turki dan Suriah yang oleh Ankara diklasifikasikan sebagai kelompok teroris di negara-negara Nordik.

"Ini adalah negara-negara yang mendorong sumber terorisme di negara saya, yang memberi mereka dukungan akhir dan senjata yang serius," ungkap Erdogan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1389 seconds (10.177#12.26)