Perusahaan Minyak AS dan Eropa Diizinkan Beroperasi Lagi di Venezuela

Rabu, 18 Mei 2022 - 11:20 WIB
loading...
Perusahaan Minyak AS dan Eropa Diizinkan Beroperasi Lagi di Venezuela
Pekerja di ladang minyak berjalan ke rig pengeboran di sumur minyak yang dioperasikan perusahaan minyak negara Venezuela, PDVSA, di Orinoco, 16 April 2015. Foto/REUTERS/Carlos Garcia Rawlins
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) telah mengizinkan perusahaan minyak AS dan Eropa melanjutkan pekerjaan di Venezuela. Pernyataan itu diungkapkan Wakil Presiden Venezuela Delcy Rodriguez pada Selasa (17/5/2022).

Pada Senin (16/5/2022), Associated Press (AP) melaporkan, mengutip dua pejabat senior AS, bahwa Washington sedang bersiap meringankan sebagian sanksi ekonomi terhadap Venezuela agar Chevron Corp dapat melanjutkan operasinya di negara tersebut.

"Pemerintah Bolivarian Venezuela telah memverifikasi dan mengkonfirmasi berita yang diterbitkan bahwa Amerika Serikat telah mengizinkan perusahaan minyak Amerika dan Eropa untuk bernegosiasi dan melanjutkan operasi di Venezuela," tweet Rodriguez.



Para pejabat AS mengatakan kepada wartawan bahwa jika ada kemajuan, mungkin ada peluang untuk keterlibatan AS dengan pemerintah Presiden Venezuela Nicolas Maduro.



Juga dikatakan pemerintahan Maduro dan oposisi akan segera melanjutkan dialog politik dan tergantung pada hasilnya, Washington dapat menyesuaikan kebijakan sanksinya untuk menambah atau mengurangi tekanan.



Sebelumnya, dilaporkan AS telah memutuskan melanjutkan negosiasi dengan Venezuela di tengah sanksi ketat yang dikenakan pada pemasok energi Rusia.

Pada Maret, kedua belah pihak membahas kemungkinan pelonggaran sanksi minyak terhadap Caracas tetapi gagal membuat kemajuan yang signifikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)