Putin: Biolab AS di Negara-negara Pasca-Soviet Pelajari Pola Penyebaran Virus

Senin, 16 Mei 2022 - 22:01 WIB
loading...
Putin: Biolab AS di Negara-negara Pasca-Soviet Pelajari Pola Penyebaran Virus
Sejumlah orang berada di laboratorium dengan bahan-bahan berbahaya. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Militer Rusia menemukan bukti Amerika Serikat (AS) melakukan eksperimen dengan berbagai virus di laboratorium biologi di wilayah Ukraina.

Dokumen-dokumen itu ditemukan di laboratorium yang disita sebagai bagian dari operasi militer khusus Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan tujuan utama dari laboratorium biologi yang didanai AS di wilayah bekas republik soviet adalah untuk mengumpulkan bahan biologis dan mempelajari pola penyebaran virus.



Dia menambahkan Rusia telah memperoleh, dalam operasi militer khusus di Ukraina, dokumen yang membuktikan laboratorium ini telah terlibat dalam produksi komponen yang dapat digunakan untuk membuat senjata biologis.



“Kami telah lama menyatakan keprihatinan tentang aktivitas laboratorium biologi AS di wilayah pasca-Soviet. Seperti yang Anda ketahui, Pentagon telah mendirikan lusinan laboratorium dan pusat biologi khusus di wilayah tersebut. Dan laboratorium ini tidak sibuk memberikan bantuan medis kepada populasi negara, di mana mereka meluncurkan operasi mereka," ujar Putin.



Presiden menambahkan laboratorium buatan AS juga terlibat dalam mengerjakan metode dan sarana untuk mengacaukan situasi epidemiologis di wilayah bekas Uni Soviet.

Putin menekankan bahwa itu adalah pelanggaran langsung terhadap Konvensi Senjata Biologis.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)