Ternyata Sebesar Inilah Gaji Algojo di Arab Saudi

Rabu, 11 Mei 2022 - 00:30 WIB
loading...
Ternyata Sebesar Inilah Gaji Algojo di Arab Saudi
Ternyata Sebesar Inilah Gaji Algojo di Arab Saudi.
A A A
RIYADH - Arab Saudi merupakan negara yang menjunjung tinggi syariat Islam , dengan mendasarkan segala bentuk hukuman sesuai dengan apa yang tertera pada kitab suci Al Qur’an. Diantaranya seperti bagi pelaku pembunuhan akan mendapat hukuman penggal kepala, sedangkan untuk mencuri akan dipotong tangannya.

Dari hukum tersebut tentunya ada seseorang yang bertugas untuk melakukan pengeksekusian bagi para pelanggar hukum, profesi ini biasa kita kenal sebagai algojo. Algojo merupakan pekerjaan resmi di Arab Saudi, yang pastinya mendapat gaji dari pemerintah.



Untuk menjadi algojo di arab Saudi tidak memerlukan keterampilan atau latar belakang pendidikan khusus, pekerjaannya hanya menjalankan hukuman eksekusi yang telah ditetapkan oleh pengadilan setempat.

Meskipun tidak memerlukan keahlian khusus, menjadi algojo diperlukan mental dan keteguhan hati yang kuat, mengingat pekerjaan ini berkaitan dengan nyawa seseorang. Fokus yang tinggi dan tetap bersikap tenang juga sangat diperlukan dalam pekerjaan ini, supaya ketika melakukan eksekusi tidak memotong bagian yang salah.

Arab Saudi sampai saat ini masih mempertahankan cara tradisional dalam melakukan eksekusi, kecuali apabila pelanggar hukum adalah wanita yang memakai hijab, barulah dilakukan hukuman tembak mati. Hal ini dilakukan untuk menghindari memotong pakaian bagian atas wanita hingga dapat memperlihatkan auratnya atau bagian dari lawan jenis yang tidak seharusnya dilihat oleh orang lain.



Dilansir dari desert.com, gaji seorang algojo di Arab Saudi sempat diungkap oleh Al Sayyaf yang merupakan algojo veteran. Gaji per bulan yang di dapat oleh algojo setara dengan tingkat terendah Pegawai Negeri Sipil di Arab Saudi yaitu sekitar USD36 atau sekitar Rp 523.666 saat itu.

Namun, ketika mendapatkan tugas untuk melakukan eksekusi mati, para algojo ini akan mendapatkan gaji atau bonus tambahan sebesar USD133 atau sekitar Rp 1.934.684 untuk satu kepala atau nyawa. Jumlah ini tentunya dapat berlipat tergantung berapa orang yang dapat dieksekusi dalam bulan itu.

Dari penghasilan tersebut tentunya akan terlihat seperti para algojo akan senang untuk melakukan eksekusi mati karena akan mendapatkan penghasilan lebih. Namun di sisi lain, tentunya pemikiran mereka berbeda dengan apa yang ada di kepala kita. Meskipun penghasilan mereka tidak terlalu besar, namun kepercayaan mereka bahwa mereka telah melakukan pengabdian yang besar terhadap tuhan mereka Allah SWT.



Bagi mereka menjalankan dan menerapkan perintah yang ada di dalam kitab suci Al Quran adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Mereka juga tidak merasa kecewa atau bersalah karena telah banyak mengambil nyawa orang, karena ini merupakan perintah dan jalan hukum yang harus ditegakkan menurut mereka.

Karena hal itu pekerjaan ini juga termasuk pekerjaan yang popular di Arab Saudi. Terkadang algojo ini justru sering merasa tidak tenang, bukan karena takut untuk melakukan eksekusi namun khawatir akan melakukan kegagalan dalam eksekusinya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1952 seconds (0.1#10.140)