Odesa Ukraina Dihujani Rudal setelah Rusia Peringati Hari Kemenangan PD II

Selasa, 10 Mei 2022 - 19:13 WIB
loading...
A A A
Di kota Bogodukhov, barat laut Kharkiv, empat orang tewas dan beberapa rumah hancur dalam serangan Rusia, media lokal mengutip pejabat Kharkiv.

Di beberapa wilayah timur Ukraina, Luhansk, Kharkiv dan Dnipro, sirene serangan udara dapat terdengar lebih awal hari ini.

Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan pasukan Rusia yang didukung oleh tank dan artileri sedang melakukan operasi penyerbuan di pabrik Azovstal Mariupol, di mana ratusan tentara Ukraina bertahan selama berbulan-bulan pengepungan.

Mariupol terletak di antara Semenanjung Crimea, yang direbut oleh Moskow pada 2014, dan sebagian Ukraina timur di bawah kendali separatis pro-Moskow. Merebut kota tersebut akan memungkinkan Moskow untuk menghubungkan dua wilayah.

Lebih dari 5,5 juta orang Ukraina telah meninggalkan negara mereka sejak invasi Rusia pada 24 Februari. PBB menyebutnya sebagai krisis pengungsi dengan pertumbuhan tercepat di Eropa sejak Perang Dunia II.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan dia khawatir bahwa Putin tidak memiliki jalan keluar sekarang."Saya mencoba untuk mencari tahu apa yang kita lakukan tentang itu," ujarnya.

Sumber mengatakan anggota Parlemen AS dari Partai Demokrat telah menyetujui proposal bantuan USD40 miliar untuk Ukraina, termasuk paket senjata baru yang besar.

Gedung Putih sebelumnya menggambarkan pernyataan Putin selama pidato Hari Kemenangan-nya sebagai "sejarah revisionis yang berbentuk disinformasi".

Kemenangan Soviet dalam Perang Dunia II telah memperoleh status yang hampir religius di Rusia di bawah Putin, yang telah membangkitkan ingatan akan “Perang Patriotik Hebat” melalui apa yang ia sebut sebagai “operasi militer khusus” di Ukraina.

Negara-negara Barat menganggap bahwa analogi yang salah untuk membenarkan agresi Rusia terhadap Ukraina yang tidak beralasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1273 seconds (0.1#10.140)