Coba Kontak Alien, NASA Kirim Gambar Manusia Telanjang Ke Luar Angkasa

Selasa, 10 Mei 2022 - 13:49 WIB
loading...
Coba Kontak Alien, NASA Kirim Gambar Manusia Telanjang Ke Luar Angkasa
Ilustrasi alien berdiri di dalam terowongan. Foto/sputnik
A A A
WASHINGTON - Para ilmuwan telah merenungkan selama bertahun-tahun bagaimana membangun komunikasi dengan kecerdasan luar angkasa untuk menggambarkan Bumi dan penghuninya sesingkat dan seakurat mungkin.

Karena itulah, NASA akan mengirim gambar terkodifikasi pria dan wanita telanjang ke luar angkasa, melampirkan molekul DNA di sebelah mereka sebagai bagian dari proyek yang disebut "Beacon in the Galaxy" (BITG).

Radiosignatures akan diarahkan ke pusat galaksi kita. Agar tidak menakut-nakuti alien, orang-orang dalam gambar itu melambaikan tangan mereka dengan ramah.



Tujuan utama dari proyek ini adalah untuk mengirim pesan ke setiap peradaban asing yang dapat hidup di luar angkasa.



Menurut para ilmuwan, gambar orang telanjang dapat membantu menjalin kontak dengan alien.



Ini akan diubah menjadi pesan berkode biner yang dapat dikirim ke luar angkasa. Para ahli percaya bahwa alien lebih mungkin untuk memahami pengkodean semacam ini.

"Meskipun konsep matematika dalam istilah manusia berpotensi tidak dapat dikenali oleh ETI, biner kemungkinan bersifat universal di semua kecerdasan," tulis studi tersebut.

Biner adalah bentuk matematika yang paling sederhana, karena hanya melibatkan dua keadaan yang berlawanan: nol dan satu, ya atau tidak, hitam atau putih, massa atau ruang kosong.

Sinyal kode juga akan mencakup konsep matematika dan fisik dasar untuk membangun sarana komunikasi universal yang diikuti oleh informasi tentang komposisi biokimia kehidupan di Bumi, posisi waktu Tata Surya di Bima Sakti relatif terhadap gugus bola yang diketahui, serta sebagai penggambaran digital Tata Surya, dan permukaan bumi.

Praktis sama dengan telanjang, hanya lebih "halus" dilakukan, para ilmuwan telah mengirimnya ke luar angkasa, tetapi tidak dengan sinar radio.

Gambar yang dicetak secara fisik dilampirkan pada pesawat luar angkasa Pioneer dan Voyager yang diluncurkan kembali pada 1970-an.

Koneksi dengan pesawat luar angkasa Pioneer telah terputus dan para insinyur percaya pesawat itu telah berlayar jauh di luar Tata Surya kita.

Sementara itu, ide berbagi informasi dengan peradaban asing selalu tampak berbahaya dan sembrono bagi beberapa ahli.

Menurut Anders Sandberg, peneliti senior di Oxford's Future of Humanity Institute (FHI), penyiaran semacam itu "memiliki dampak yang begitu tinggi sehingga Anda benar-benar perlu menganggapnya lebih serius," karena tidak diketahui apakah jumlah kemungkinan peradaban alien yang damai ada lebih banyak dari yang bermusuhan.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2244 seconds (0.1#10.140)