Zelensky Berbagi Gambar Prajurit dengan Lencana Nazi

Selasa, 10 Mei 2022 - 06:59 WIB
loading...
Zelensky Berbagi Gambar Prajurit dengan Lencana Nazi
Tentara Ukraina memakai simbol Nazi. Foto/twitter
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memperingati Hari Kemenangan Perang Dunia II dengan membagikan gambar seorang tentara Ukraina yang mengenakan logo “kepala kematian” unit elit Nazi Waffen SS.

Meski foto itu segera dihapus dari media sosialnya, Kementerian Pertahanan Ukraina di Kiev juga memposting foto tersebut.



Simbol yang menyinggung itu ditempatkan di Instagram dan Telegram oleh Zelensky, pada Senin (9/5/2022).



Di dalamnya, seorang prajurit di sebelah senapan artileri mengenakan lencana “kepala kematian”, atau "totenkopf" dari Divisi Panzer SS ke-3, unit tentara elit Nazi yang terkenal karena melakukan berbagai kejahatan perang dan pembantaian warga sipil Prancis dan Yahudi Polandia.



Zelensky sendiri adalah keturunan Yahudi. Kelompok advokasi menganggap logo kepala kematian sebagai "simbol kebencian" yang digunakan "Neo-Nazi dan supremasi kulit putih lainnya."

Meski foto itu segera dihapus, gambar itu juga diposting ke Twitter oleh Kementerian Pertahanan Ukraina, dengan kutipan oleh Zelensky yang mengakui 9 Mei sebagai "Hari Kemenangan atas Nazisme."

Dalam pidato memperingati Hari Kemenangan, yang menandai kekalahan Nazi Jerman oleh Uni Soviet, Zelensky pada Minggu menuduh Rusia memaksakan "rekonstruksi berdarah Nazisme" di Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)