Bangkai Cumi-cumi Raksasa Langka Terdampar di Pantai Afrika Selatan

Jum'at, 06 Mei 2022 - 19:40 WIB
loading...
Bangkai Cumi-cumi Raksasa Langka Terdampar di Pantai Afrika Selatan
Bangkai cumi-cumi raksasa langka terdampar di pantai Afrika Selatan. Foto/Sputnik/Instagram/@alipaulus
A A A
CAPE TOWN - Pengunjung pantai di dekat Cape Town, Afrika Selatan (Afsel) menemukan penemuan langka baru-baru ini ketika mereka menemukan bangkai cumi-cumi raksasa, makhluk yang biasanya berdiam di laut dalam.

Penemuan itu diposting di Instagram oleh Alison Paulus dalam serangkaian foto yang menunjukkan binatang besar itu terdampar di pantai dengan tentakelnya melingkar di sekitar tubuhnya.

Foto-foto itu menunjukkan makhluk yang lebih panjang daripada manusia yang berdiri di sebelahnya yang tinggi, dan beberapa kali lebih panjang dari anak berukuran kecil di dekatnya.

“Sungguh luar biasa untuk dilihat,” kata Paulus, seorang penduduk Cape Town dan pendiri organisasi konservasi satwa liar Volunteer and Explore, kepada Live Science seperti dinukil dari Sputnik, Jumat (6/5/2022).



"Tubuhnya sekitar 2,2 meter saja, lalu dengan tentakel dan lengan saya yakin itu akan membentang hingga 3,5 meter," terangnya.

Namun, sebesar apapun moluska mammoth ini, itu hanya sebagian kecil dari ukuran yang bisa dicapainya di alam liar. Menurut Smithsonian di Washington, cumi-cumi raksasa secara teratur mencapai panjang 11 meter, bahkan telah ditemukan dengan panjang 13 meter. Meskipun ukurannya besar, mereka hanya hidup sekitar lima tahun.

Jon Friedman, petugas satwa liar dari Cape of Good Hope Society for the Prevention of Cruelty to Animals (SPCA), mengatakan kepada IOL Afrika Selatan bahwa makhluk itu berjenis kelamin betina dan berusia sekitar dua tahun ketika dia mati.



Berdasarkan luka yang ada di sisinya, Friedman memperkirakan makhluk itu kemungkinan besar ditabrak kapal saat dia berada di permukaan laut.

Cumi-cumi raksasa biasanya hidup di perairan dingin laut dalam, pada kedalaman 300 hingga 1.000 meter, dan jarang terlihat di luar lingkungan mereka. Sebagian besar penampakan adalah spesimen mati yang terdampar di pantai, tetapi penyelam kadang-kadang melihat cumi-cumi raksasa hidup.

Satu-satunya pemangsa mereka yang diketahui adalah makhluk yang lebih besar, seperti paus sperma, di dalam perutnya ditemukan paruh cumi-cumi raksasa dan kulitnya biasanya tergores akibat pertempuran dengan tentakel besar cumi-cumi yang dihisap.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2065 seconds (0.1#10.140)