AS Beri Informasi Intelijen Sebelum Ukraina Tenggelamkan Kapal Perang Rusia

Jum'at, 06 Mei 2022 - 14:00 WIB
loading...
AS Beri Informasi Intelijen Sebelum Ukraina Tenggelamkan Kapal Perang Rusia
AS Beri Informasi Intelijen Sebelum Ukraina Tenggelamkan Kapal Perang Rusia. FOTO/Guardian
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengaku berbagi informasi intelijen dengan Ukraina tentang lokasi kapal penjelajah rudal Rusia, Moskva sebelum serangan yang menenggelamkan kapal perang itu. Tenggelamnya kapal tersebut merupakan kegagalan tingkat tinggi bagi militer Rusia.

Seperti dilaporkan AP, seorang pejabat AS mengatakan pada Kamis (5/5/2022), bahwa Ukraina sendiri yang memutuskan untuk menargetkan dan menenggelamkan kapal utama Armada Laut Hitam Rusia menggunakan rudal anti-kapalnya sendiri.



“Tetapi mengingat serangan Rusia di garis pantai Ukraina dari laut, AS telah memberikan "berbagai informasi intelijen" itu, termasuk lokasi kapal-kapal itu,” kata pejabat itu, yang tidak berwenang untuk berbicara di depan umum dan berbicara dengan syarat anonim.

Pemerintahan Biden telah meningkatkan pembagian intelijen dengan Ukraina di samping pengiriman senjata dan rudal untuk membantunya mengusir invasi Rusia. Pengungkapan dukungan AS dalam serangan Moskow muncul saat Gedung Putih berada di bawah tekanan dari Partai Republik untuk berbuat lebih banyak untuk mendukung perlawanan Ukraina.

Dan, seperti yang ditunjukkan oleh jajak pendapat, orang Amerika mempertanyakan apakah Presiden Joe Biden cukup keras terhadap Rusia.

Sejak Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan invasi pada bulan Februari, Gedung Putih telah mencoba untuk menyeimbangkan mendukung Ukraina, secara demokratis, dengan tidak melakukan apa pun yang tampaknya akan memprovokasi perang langsung antara Putin dan AS dan sekutu NATO.



Pejabat yang berbicara Kamis mengatakan AS tidak mengetahui bahwa Ukraina berencana untuk menyerang Moskow sampai mereka melakukan operasi. NBC News pertama kali melaporkan peran Amerika dalam tenggelamnya kapal tersebut.

Berbicara sebelumnya Kamis setelah laporan New York Times tentang peran AS dalam mendukung pembunuhan Ukraina terhadap jenderal Rusia, juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan badan-badan Amerika “tidak memberikan informasi intelijen tentang lokasi pemimpin militer senior di medan perang atau berpartisipasi dalam keputusan penargetan militer Ukraina.”

"Ukraina menggabungkan informasi yang kami dan mitra lain berikan dengan intel yang mereka kumpulkan sendiri dan kemudian mereka membuat keputusan sendiri dan mereka mengambil tindakan mereka sendiri," kata Kirby.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)