Unik, Warga Ukraina Bikin Gantungan Kunci Berbahan Puing Jet Tempur Rusia

Senin, 02 Mei 2022 - 20:15 WIB
loading...
Unik, Warga Ukraina Bikin Gantungan Kunci Berbahan Puing Jet Tempur Rusia
Unik, Warga Ukraina Bikin Gantungan Kunci Berbahan Puing Jet Tempur Rusia. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Seorang pengusaha Ukraina mengubah puing-puing jet tempur Rusia yang jatuh menjadi gantungan kunci souvenir. Ia bahkan menjualnya ke luar negeri untuk mendukung upaya perang.

"Banyak teman saya memberi tahu saya: 'USD1.000 - tidak ada yang akan memberi Anda ini untuk sepotong logam ini, ini gila," kata Iurii Vysoven, pendiri Drone untuk Ukraina, seperti dikutip dari Reuters.



"Di pagi hari, saya bangun dan melihat di ponsel saya sudah terkumpul USD20.000 hingga USD30.000, dan kami melihat aliran pesan terus-menerus dari orang-orang yang bertanya dan memberi tahu kami bahwa mereka ingin menyumbang lebih banyak. Mereka juga memberi tahu kami bahwa itu adalah ide yang luar biasa," lanjutnya.

Pesawat itu adalah pembom tempur taktis dua tempat duduk Su-34 Rusia yang menurut militer Ukraina ditembak jatuh di atas kota Borodianka, barat laut Kiev, pada awal Maret. Pesawat itu ditembak ketika pasukan Rusia berusaha merebut dan menguasai daerah tersebut.

Kementerian pertahanan Ukraina telah memposting gambar reruntuhan, yang dikatakan memiliki nomor ekor RF-81251 dan tanda panggilan 31 Merah.



Setelah Rusia mundur dan memfokuskan kembali invasi mereka ke Ukraina timur, Vysoven bertanya kepada para pejuang di wilayah itu, apakah dia bisa memiliki beberapa puing-puing yang tersebar di lahan pertanian.

Para prajurit mengatakan kepadanya bahwa kedua pilot pesawat telah tewas. Di antara puing-puing yang ditunjukkan oleh kementerian adalah helm yang dicap dalam bahasa Rusia dengan tiga huruf terakhir dari nama keluarga yang berakhiran "-NOV", dan sarung kulit kosong bertanda "Buryat" - nama sebuah kelompok etnis yang tinggal di Siberia.

Rusia tidak mengkonfirmasi rincian kerugian militernya, dan Reuters tidak dapat memverifikasi keadaan di mana pesawat itu jatuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1361 seconds (0.1#10.140)