Gelombang Panas Hantam Asia Selatan, Pakistan dan India Paling Terdampak

Sabtu, 30 April 2022 - 21:25 WIB
loading...
Gelombang Panas Hantam Asia Selatan, Pakistan dan India Paling Terdampak
Gelombang Panas Hantam Asia Selatan, Pakistan dan India Paling Terdampak. FOTO/Reuters
A A A
AHMEDABAD - Pakistan mengeluarkan peringatan panas setelah melewati bulan Maret terpanas dalam kurun 61 tahun terakhir. Sementara di beberapa bagian wilayah India, sekolah-sekolah ditutup dan jalan-jalan sepi karena gelombang panas yang hebat pada Jumat (29/4/2022).

Menteri Federal Pakistan untuk Perubahan Iklim, Sherry Rehman, mendesak pemerintah federal dan provinsi untuk mengambil tindakan pencegahan untuk mengelola gelombang panas yang intens, yang menyentuh tertinggi 47 derajat Celcius di beberapa bagian negara.



"Asia Selatan, khususnya India dan Pakistan menghadapi gelombang panas yang memecahkan rekor. Ini dimulai pada awal April dan terus membuat orang-orang terengah-engah," kata Rehman dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Reuters.

“Suhu diperkirakan akan naik 6 hingga 8 derajat Celcius di atas suhu rata-rata setelah Maret terpanas yang tercatat sejak 1961,” lanjutnya.

Lebih dari satu miliar orang berisiko terkena dampak terkait panas di wilayah tersebut. Para ilmuwan telah memperingatkan, menghubungkan awal musim panas yang intens dengan perubahan iklim. “Untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade, Pakistan pergi dari musim dingin ke musim panas tanpa musim semi,” kata Rehman.



Pemerintah juga telah mengatakan kepada otoritas penanggulangan bencana provinsi untuk segera bersiap menghadapi risiko banjir bandang di provinsi pegunungan utara karena pencairan glasial yang cepat, kata Rehman.

Gletser di pegunungan Himalaya, Hindu Kush dan Karkoram telah mencair dengan cepat, menciptakan ribuan danau glasial di Pakistan utara, sekitar 30 di antaranya berisiko terkena banjir berbahaya yang tiba-tiba, kata kementerian perubahan iklim, menambahkan sekitar 7 juta orang rentan.

Seorang ilmuwan senior di Departemen Meteorologi India mengatakan pada hari Jumat, kondisi panas akan bertahan setidaknya selama tiga hari ke depan, tetapi suhu akan turun setelah datangnya musim hujan, yang diperkirakan di beberapa bagian pada bulan Mei.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)