Rusia Dilaporkan Latih Lumba-lumba untuk Jaga Pangkalan AL di Laut Hitam

Kamis, 28 April 2022 - 14:27 WIB
loading...
Rusia Dilaporkan Latih Lumba-lumba untuk Jaga Pangkalan AL di Laut Hitam
Foto satelit memperlihatkan kandang lumba-lumba di pintu masuk pangkalan angkatan laut Rusia di Laut Hitam. Foto/The Times of News
A A A
WASHINGTON - Sebuah laporan menyatakan gambar satelit menunjukkan Rusia menggunakan lumba-lumba terlatih untuk menjaga pangkalan Angkatan Lautnya di Laut Hitam .

Laporan US Naval Institute Amerika Serikat (AS) pada hari Rabu mengatakan bahwa Angkatan Laut Rusia menempatkan dua kandang lumba-lumba di pintu masuk ke pelabuhan Sevastopol, di lepas pantai Crimea .

Gambar satelit yang diberikan kepada Washington Examiner oleh Maxar Technologies menunjukkan kandang lumba-lumba di pintu masuk pelabuhan, yang digunakan sebagai pangkalan angkatan laut oleh pasukan Rusia. Menurut laporan itu, kandang ditempatkan di sana sekitar waktu invasi Rusia 24 Februari ke Ukraina.

"Pelabuhan Sevastopol adalah pangkalan angkatan laut Rusia yang paling signifikan di Laut Hitam, dan lumba-lumba terlatih mungkin telah ditempatkan di pintu masuk pelabuhan untuk melindungi dari sabotase bawah laut oleh pasukan operasi khusus Ukraina," menurut analisis US Naval Institute seperti dikutip dari Washington Examiner, Kamis (28/4/2022).



Seorang juru bicara Maxar Technologies mengatakan kepada Washington Examiner bahwa dia setuju dengan penilaian analitik yang dibuat dalam laporan US Naval Institute.

Foto-foto satelit yang diambil pada 7 April oleh Maxar Technologies menunjukkan puncak jingga dari kandang lumba-lumba di atas air tepat di dalam dinding laut di pintu masuk ke pelabuhan yang luas.

"Lumba-lumba oleh para ahli angkatan laut secara luas dianggap sebagai pertahanan yang efektif terhadap serangan oleh tim penyelam," catatan laporan itu.

Menurut laporan tersebut sejak aneksasi Crimea oleh Rusia pada tahun 2014, program militer mamalia laut yang dikembangkan oleh Angkatan Laut Soviet selama Perang Dingin, seperti pelatihan lumba-lumba, telah diperluas.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1993 seconds (0.1#10.140)