Zelensky: Putin Gunakan Ancaman Perang Nuklir untuk Memeras Dunia

Rabu, 27 April 2022 - 14:40 WIB
loading...
Zelensky: Putin Gunakan Ancaman Perang Nuklir untuk Memeras Dunia
Presiden Ukraina Volorymyr Zelensky menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin menggunakan ancaman perang nuklir untuk memeras dunia. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Rusia dan Presiden Vladimir Putin mencoba untuk memeras dunia menggunakan ancaman perang nuklir . Itu dikatakannya sehari setelah Menteri Luar Negeri Rusia mengatakan ancaman perang nuklir cukup nyata dalam perang di Ukraina.

Dalam pidatonya pada hari Selasa, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Rusia telah menciptakan ketidakamanan dalam bidang aktivitas nuklir.

"Tidak ada negara lain di dunia sejak 1986 yang menimbulkan ancaman skala besar terhadap keamanan nuklir seperti yang diciptakan Rusia dengan agresinya terhadap Ukraina," kata Zelensky.

“Kami mengharapkan dukungan penuh dari Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) dan seluruh masyarakat internasional," imbuhnya.

"Tidak ada yang berhak mengubah energi nuklir menjadi senjata, atau memeras dunia dengan senjata nuklir," tegasnya seperti dikutip dari Newsweek, Rabu (27/4/2022).



Pernyataan Zelensky ini datang pada peringatan 36 tahun bencana Chernobyl.

Ini tampaknya merupakan respons terhadap ancaman dua arah dari Rusia. Yang pertama adalah diplomat top negara itu, Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov, yang mengatakan konflik nuklir adalah "serius." Yang lainnya adalah pendudukan Rusia atas pembangkit nuklir Chernobyl tak lama setelah invasi ke Ukraina pada bulan Februari.

Lavrov pada hari Senin mengatakan risiko perang nuklir itu nyata, dan bahwa ia tidak akan sembarangan mengangkat masalah ini.

"Ini adalah posisi kunci kami di mana kami mendasarkan segalanya. Risikonya sekarang cukup besar," kata Lavrov.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2156 seconds (0.1#10.140)