Korut Pamerkan Hwasong-17, Rudal Monster yang Bisa Capai AS

Selasa, 26 April 2022 - 22:09 WIB
loading...
Korut Pamerkan Hwasong-17, Rudal Monster yang Bisa Capai AS
Korut memamerkan rudal balistik antarbenua Hwasong-17 dalam parade militer di Pyongyang pada Senin malam. Foto/Channel News Asia
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) menggelar parade militer untuk menandai ulang tahun ke-90 berdirinya tentara negara komunis itu pada Senin malam lalu.

Selain pidato Pemimpin Korut Kim Jong-un yang menyatakan akan meningkatkan persenjataan nuklir, parade militer itu juga menampilkan sejumlah persenjataan milik negara tertutup tersebut.

Salah satunya adalah Hwasong-17, rudal balistik antarbenua (ICBM) terbesar milik Korut yang diketahui sejauh ini, seperti dilaporkan oleh kantor berita resmi negara itu KCNA.

Rudal besar itu diuji coba untuk pertama kalinya bulan lalu, tetapi para pejabat di Korea Selatan (Korsel) yakin upaya untuk melakukan uji coba penuh berakhir dengan ledakan di Pyongyang.



Surat kabar Korut Rodong Sinmun merilis foto-foto yang menunjukkan Hwasong-17, serta apa yang tampak seperti rudal hipersonik dan rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM), di antara senjata lain di truk dan kendaraan peluncur yang dikerubungi oleh kerumunan pengamat dan peserta yang mengibarkan bendera seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (26/4/2022).

Hwasong-17 adalah ICBM raksasa yang pertama kali diluncurkan pada Oktober 2020 dan dijuluki sebagai "rudal monster" oleh para analis. Korut meluncurkan rudal itu pada bulan Maret lalu.

Saat itu, KCNA melaporkan rudal yang diluncurkan dari Bandara Internasional Pyongyang, melakukan perjalanan hingga ketinggian maksimum 6.248.5km dan terbang sejauh 1.090km selama 4.052 detik, sebelum secara akurat mengenai area yang telah ditentukan sebelumnya di perairan terbuka di Laut Jepang.

Sementara itu, militer Korea Selatan memperkirakan jarak peluncuran pada Kamis adalah 6.200 km - jauh lebih lama dari ICBM terakhir, Hwasong-15, yang diuji Korea Utara pada Oktober 2017.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2054 seconds (0.1#10.140)