Polandia Mengaku Sudah Kirim Tank T-72 ke Ukraina

Selasa, 26 April 2022 - 05:25 WIB
loading...
Polandia Mengaku Sudah Kirim Tank T-72 ke Ukraina
Polandia Mengaku Sudah Kirim Tank T-72 ke Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
WARSAWA - Polandia telah mengirim tank T-72 ke Ukraina . Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengatakan hal itu pada Senin (25/4/2022), tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

"Ya," kata Morawiecki ketika ditanya apakah Polandia telah atau akan mengirim tank ke Ukraina. Dia menolak untuk mengungkapkan rincian lebih lanjut termasuk jumlah tank yang dikirim.



Seperti dilaporkan Reuters, Ukraina telah berulang kali meminta Barat untuk segera memasok lebih banyak senjata, terutama alat berat, ketika pasukan Rusia melanjutkan ofensif mereka di negara itu.

Pada bulan Maret Polandia mengatakan siap untuk mengerahkan semua jet MiG-29 ke Pangkalan Udara Ramstein di Jerman dan menyerahkannya kepada Amerika Serikat. Tetapi Washington menolak tawaran yang mengejutkan itu.

"Tidak ada kebutuhan seperti itu, tidak ada tuntutan seperti itu, tidak ada permintaan seperti itu," kata Morawiecki ketika ditanya apakah pengiriman pesawat ke Ukraina masih dipertimbangkan.



Sebelumnya, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan, pihaknya dapat mengirim tank ke Polandia sehingga Warsawa dapat memasok Ukraina dengan kendaraan lapis baja era Uni Soviet miliknya. Hal itu diungkapkan Johnson saat seorang jenderal Rusia mengatakan bahwa Moskow menginginkan kendali penuh atas Ukraina selatan.

Johnson menetapkan rencana untuk "jaminan keamanan" jangka panjang baru untuk Ukraina setelah berakhirnya perang, yang akan menghentikan keanggotaan NATO, tetapi cukup tangguh untuk mencegah dari invasi berulang Moskow.

"Jaminan itu akan memastikan wilayah mereka dibentengi sedemikian rupa sehingga tidak dapat ditembus," kata Johnson seperti dilansir dari Independent, Sabtu (23/4/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)