Jika Polandia Pasok Tank ke Ukraina, Inggris Akan Siapkan Gantinya

Sabtu, 23 April 2022 - 16:31 WIB
loading...
Jika Polandia Pasok Tank ke Ukraina, Inggris Akan Siapkan Gantinya
Tank Challenger 2. Foto/Defense News
A A A
LONDON - Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson mengatakan pihaknya dapat mengirim tank ke Polandia sehingga Warsawa dapat memasok Ukraina dengan kendaraan lapis baja era Uni Soviet miliknya. Hal itu diungkapkan Johnson saat seorang jenderal Rusia mengatakan bahwa Moskow menginginkan kendali penuh atas Ukraina selatan.

Johnson menetapkan rencana untuk "jaminan keamanan" jangka panjang baru untuk Ukraina setelah berakhirnya perang, yang akan menghentikan keanggotaan NATO, tetapi cukup tangguh untuk mencegah dari invasi berulang Moskow.

"Jaminan itu akan memastikan wilayah mereka dibentengi sedemikian rupa sehingga tidak dapat ditembus," kata Johnson seperti dilansir dari Independent, Sabtu (23/4/2022).



Tapi bantuan itu tidak akan meniru prinsip Pasal 5 NATO, bahwa serangan terhadap satu anggota adalah serangan terhadap semua, merampas Kiev dari perisai keterlibatan militer Barat jika terjadi serangan di masa depan.

Mengirim tank Challenger 2 ke Polandia untuk "mengisi ulang" T-72 yang dipasok ke Ukraina akan mendekati melintasi batas yang sejauh ini diamati dengan cermat oleh Johnson, dengan hanya menyediakan perlengkapan pertahanan untuk menghindari tuduhan memprovokasi Moskow.

Belum ada permintaan yang diterima dari Warsawa, tetapi diketahui bahwa pengiriman dapat diatur dalam beberapa hari jika diperlukan.



Sebelumnya Rustam Minnekayev, seorang komandan Rusia, dikutip oleh media pemerintah pada hari Jumat mengatakan bahwa kontrol penuh atas Ukraina selatan akan memberikannya akses ke bagian Moldova yang diduduki Rusia di barat.

Itu akan memotong seluruh garis pantai Ukraina dan berarti mendorong ratusan mil ke barat melampaui garis saat ini, melewati kota-kota besar Ukraina macam Mykolaiv dan Odesa.

Ini juga melampaui fokus yang seharusnya hanya mengamankan wilayah timur seperti Donbas. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menolak berkomentar terkait hal itu.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1104 seconds (0.1#10.140)