Wanita Jepang Berstatus Tertua di Dunia Meninggal pada Usia 119 Tahun

Senin, 25 April 2022 - 21:56 WIB
loading...
Wanita Jepang Berstatus Tertua di Dunia Meninggal pada Usia 119 Tahun
Wanita Jepang Berstatus Tertua di Dunia Meninggal pada Usia 119 Tahun. FOTO/NY Post
A A A
TOKYO - Seorang wanita Jepang yang ditetapkan sebagai orang tertua di dunia telah meninggal pada usia 119 tahun, Senin (25/4/2022).

Kane Tanaka lahir 2 Januari 1903, di wilayah barat daya Fukuoka Jepang. Ia lahir di tahun yang sama saat Wright bersaudara terbang untuk pertama kalinya dan Marie Curie menjadi wanita pertama yang memenangkan Hadiah Nobel.



Tanaka dalam kondisi kesehatan yang relatif baik sampai saat ini dan tinggal di panti jompo, di mana dia menikmati permainan papan, memecahkan masalah matematika, mengkonsumsi soda dan cokelat.

Di masa mudanya, Tanaka menjalankan berbagai bisnis termasuk toko mie dan toko kue beras. Dia menikah dengan Hideo Tanaka seabad yang lalu pada tahun 1922, melahirkan empat anak dan mengadopsi anak kelima.

Dia telah merencanakan untuk menggunakan kursi roda untuk mengambil bagian dalam estafet obor untuk Olimpiade Tokyo pada tahun 2021, tetapi pandemi mencegahnya melakukannya.



Ketika Guinness World Records mengakuinya sebagai orang tertua yang hidup pada tahun 2019, dia ditanya momen apa yang paling bahagia dalam hidupnya. Jawabannya: "Sekarang."

Rutinitas hariannya digambarkan pada saat itu termasuk bangun jam 6 pagi, dan sore hari dihabiskan untuk belajar matematika dan berlatih kaligrafi.

"Salah satu hiburan favorit Kane adalah permainan Othello dan dia menjadi ahli dalam permainan papan klasik, sering mengalahkan staf rumah peristirahatan," kata pernyataan Guinness, seperti dikutip dari AFP.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2517 seconds (0.1#10.140)