Donbass Memanas, Ukraina Terima Dukungan Pesawat dari Sekutu AS

Rabu, 20 April 2022 - 07:28 WIB
loading...
Donbass Memanas, Ukraina Terima Dukungan Pesawat dari Sekutu AS
Jet tempur Su-25 Ukraina bermanuver di Rovno, Ukraina. Foto/epa
A A A
KIEV - Pentagon mengatakan sekutu Amerika Serikat (AS) telah membantu meningkatkan armada pesawat tempur Ukraina.

Salah satu caranya dengan menyumbangkan suku cadang yang dibutuhkan untuk membuat lebih banyak jet beroperasi saat pertempuran dengan Rusia memanas di wilayah Donbass.

“Saat Washington belum dapat menyediakan beberapa persenjataan tipe Soviet yang diminta Kiev, negara-negara yang memiliki perlengkapan yang kompatibel dalam inventaris mereka telah melangkah untuk membantu,” papar juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan kepada wartawan pada Selasa (19/4/2022).

Baca juga: Rusia Hancurkan Pabrik Rudal Balistik Tochka-U Ukraina

Dalam beberapa hari terakhir, bantuan tersebut termasuk suku cadang jet tempur.“Mereka telah menerima dukungan untuk membuat beberapa pesawat sayap tetap mereka lebih beroperasi lagi,” kata Kirby.

Baca juga: Erdogan: Krisis Ukraina Tunjukkan Nilai Penting Turki bagi Barat

“Lihat, buktinya ada di sana. Mereka sekarang memiliki lebih banyak pesawat tempur sayap tetap daripada yang mereka lakukan dua pekan lalu. Itu bukan kebetulan. Itu karena negara-negara lain yang memiliki pengalaman dengan pesawat semacam itu telah dapat membantu mereka membuat lebih banyak pesawat beroperasi,” ujar dia.

Baca juga: Rusia Hancurkan Gudang Besar Senjata AS dan Eropa di Ukraina

Kirby tidak mengidentifikasi negara yang terlibat dalam pengiriman suku cadang; dia juga tidak mengungkapkan jumlah atau jenis jet yang telah diperbaiki dan dioperasikan kembali.

AS dan anggota NATO lainnya telah mempercepat pengiriman senjata ke Ukraina dalam beberapa pekan terakhir, mengutip dugaan serangan Rusia terhadap warga sipil.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1288 seconds (10.55#12.26)