3 Orang yang Pernah Berencana Membakar Alquran, Nomor Terakhir Terwujud di Swedia

Senin, 18 April 2022 - 17:20 WIB
loading...
3 Orang yang Pernah Berencana Membakar Alquran, Nomor Terakhir Terwujud di Swedia
(Foto searah jarum jam) Terry Jones, Rasmus Paludan, Lars Thorsen. Foto/daily mail/Norway today
A A A
STOCKHOLM - Ada beberapa orang di dunia yang berencana membakar Alquran hingga benar-benar membakar kitab suci umat Islam itu.

Kasus pembakaran Alquran ini membuat banyak orang, terutama Muslim marah dan mengecam tindakan ini.

Rencana membakar Alquran ini dikecam tidak hanya di negara dimana kejadian itu terjadi. Orang-orang yang berada di luar negara tersebut juga ikut mengecam rencana pembakaran Alquran itu karena ini sangat tidak toleran.

Berikut beberapa orang yang pernah berencana membakar Alquran hingga ada yang benar-benar membakar Alquran:

1. Terry Jones

Terry Jones adalah seorang pastur yang berada di kota Gainesville, Amerika Serikat (AS). Terry pernah berencana membakar Alquran di dalam salah satu acara di gereja yang dia pimpin.

3 Orang yang Pernah Berencana Membakar Alquran, Nomor Terakhir Terwujud di Swedia


Terry Jones pernah berencana membakar Alquran di dalam peringatan 11 September. Terry Jones termasuk anti-Islam yang membuatnya ingin membakar Alquran.

Kabar ini sempat membuat Presiden Indonesia saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bereaksi keras.

SBY ingin pemerintah AS mengambil tindakan tegas terhadap Terry Jones karena tindakannya sangat mengganggu dan mencederai nilai toleransi yang dijunjung di Amerika Serikat.

Gubernur Florida saat itu, Charlie Crist, menyesalkan kejadian tersebut. Dia juga sudah memastikan kejadian itu tidak akan terjadi lagi ke depannya.

Terry Jones sendiri kini kurang terdengar kabarnya. Kabar terakhir menyebutkan dia baru saja dipecar dari Uber ketika menjadi driver Uber setelah Uber mengetahui latar belakangnya sebagai orang yang pernah berencana membakar Alquran.

2. Lars Thorsen

Lars Thorsen adalah pemimpin Stop Islamitation of Norway (SIAN). SIAN adalah kelompok rasis dan anti-Islam di media social yang menyuarakan kebencian terhadap Islam.

3 Orang yang Pernah Berencana Membakar Alquran, Nomor Terakhir Terwujud di Swedia


Lars Thorsen dan kelompoknya dari SIAN pernah berencana membakar Alquran di kota Kristiansand, Norwegia. Thorsen berencana membakar Alquran di depan umum di Kristiansand tanpa ragu.

Rencana pembakaran Alquran ini ironisnya dilakukan di depan umum. Bahkan, ada polisi yang berjaga dan memasang pagar pengaman untuk para penonton yang akan menyaksikan pembakaran Alquran tersebut.

Aksi pembakaran Alquran itu sempat digagalkan seorang muslim yang bernama Ilyas. Ilyas melompat pagar dan menghentikan kelompok SIAN membakar Alquran.

Sayangnya, polisi malah menangkap Ilyas karena dianggap mengganggu kepentingan umum. Sebaliknya, orang-orang SIAN dengan bebas melakukan aksinya di depan umum tanpa ada gangguan dari orang lain.

3. Rasmus Paludan

Rasmus Paludan adalah politisi asal Denmark yang benar-benar membakar Alquran baru-baru ini di Swedia. Dia membakar Alquran di kota Linkoping, Swedia.

3 Orang yang Pernah Berencana Membakar Alquran, Nomor Terakhir Terwujud di Swedia


Rasmus Paludan merupakan pemimpin sayap kanan dari Partai Stram Kurs. Rasmus Paludan membakar Alquran di Linkoping dimana Linkoping sendiri adalah area di Swedia memiliki populasi muslim yang cukup padat.

Rasmus Paludan sendiri ditemani polisi ketika akan membakar Alquran. Rasmus pergi ke tempat terbuka dan aksinya direkam banyak orang.

Aksinya ini tidak dianggap sebagai tindakan yang intoleran oleh pemerintah Swedia. Pemerintah Swedia hanya menganggap kejadian ini sebagai bentuk kebebasan berekspresi yang bisa dilakukan siapa pun.

Paludan sendiri juga pernah membakar Alquran pada 2019 lalu. Hal ini membuat namanya menjadi salah satu orang yang dibenci karena tindakannya menunjukkan sikap yang tidak toleran terhadap umat agama lain.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0661 seconds (0.1#10.140)