Zelensky: 3.000 Tentara Ukraina Terbunuh, 20.000 Tentara Rusia Tewas

Sabtu, 16 April 2022 - 14:30 WIB
loading...
A A A
Ukraina mengatakan salah satu misilnya telah menyebabkan Moskva tenggelam, tanda kuat perlawanannya terhadap musuh yang bersenjata lebih baik.

Sebaliknya, Moskow mengatakan kapal itu tenggelam saat ditarik ke pelabuhan ketika laut dilanda badai setelah dilanda kebakaran dan ledakan hebat pada Rabu malam. Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan lebih dari 500 pelaut dievakuasi.

Amerika Serikat yakin kapal perang Moskva terkena dua rudal Ukraina dan ada korban di pihak pelaut Rusia, meskipun jumlahnya tidak jelas. Pernyataan Amerika itu disampaikan seorang pejabat senior Washington.

Tak satu pun dari penilaian Amerika yang dapat diverifikasi secara independen.

Zelensky mengatakan situasi militer di selatan dan timur "masih sangat sulit", sambil memuji kerja angkatan bersenjatanya.

"Keberhasilan militer kami di medan perang benar-benar signifikan, signifikan secara historis. Tetapi mereka masih belum cukup untuk membersihkan tanah kami dari penjajah. Kami akan mengalahkan mereka lagi," katanya dalam pidato video larut malam, menyerukan kembali sekutu Ukraina untuk mengirim senjata yang lebih berat dan melakukan embargo atas minyak Rusia.

Zelensky telah mengimbau Presiden AS Joe Biden agar Amerika Serikat menunjuk Rusia sebagai "negara sponsor terorisme", bergabung dengan Korea Utara, Kuba, Iran dan Suriah.

Seorang juru bicara Gedung Putih menanggapi dengan mengatakan, "Kami akan terus mempertimbangkan semua opsi untuk meningkatkan tekanan pada Presiden Rusia Vladimir Putin."

Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal dan pejabat tinggi keuangan dilaporkan akan menghadiri pertemuan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia di Washington minggu depan.

Ini akan menjadi kesempatan pertama bagi pejabat penting Ukraina untuk bertemu langsung dengan pejabat keuangan dari negara maju sejak invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0985 seconds (0.1#10.140)