Lebih dari 300 Orang Tewas Akibat Banjir di Afrika Selatan

Kamis, 14 April 2022 - 19:29 WIB
loading...
Lebih dari 300 Orang Tewas Akibat Banjir di Afrika Selatan
Lebih dari 300 orang tewas akibat banjir di Afrika Selatan. Foto/CBS News
A A A
JOHANNESBURG - Lebih dari 300 orang tewas akibat banjir yang disebabkan oleh hujan deras yang turun selama berhari-hari di sepanjang pantai timur Afrika Selatan .

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa disambut dengan pemandangan kehancuran total saat ia mengunjungi provinsi Kwa-Zulu Natal, tempat tim penyelamat terus melakukan pencarian terhadap korban di tengah reruntuhan pada Rabu kemarin.

Berbicara dengan keluarga yang hancur karena kehilangan orang-orang yang dicintai dan rumah mereka, Ramaphosa menyebutnya sebagai bencana dengan proporsi yang sangat besar, dan bersumpah bahwa pemerintahnya akan bertindak dengan cepat untuk membantu mereka yang terkena dampak.



Ramaphosa bertemu Nonkululeko Mdlalose, yang menahan air mata ketika dia mengatakan kepada presiden Afrika Selatan itu bahwa dia telah kehilangan 10 anggota keluarga yang sedang tidur ketika banjir melanda rumah mereka pada hari Senin pukul 11 malam.

Ramaphosa meyakinkan Mdlalose bahwa bantuan keuangan akan datang karena provinsi tersebut akan secara resmi dinyatakan sebagai zona bencana seperti dikutip dari CBS News, Kamis (14/4/2022).

Beberapa daerah mengalami curah hujan selama enam bulan dalam satu hari, dengan lebih dari curah hujan satu kaki turun di beberapa tempat selama tiga hari hujan. Layanan cuaca nasional Afrika Selatan mengatakan provinsi itu telah mengalami banjir satu hari terdahsyat dalam lebih dari 60 tahun.



Video udara menunjukkan lereng bukit dan rumah-rumah hanyut dan bangunan serta infrastruktur lainnya hancur. Komunikasi dengan wilayah tersebut terputus dengan dua jaringan seluler utama yang mengatakan 900 menara seluler mereka mati.

Banjir dimulai pada awal minggu, memicu tanah longsor yang mengubur atau menyapu rumah, meruntuhkan jembatan dan memblokir jalan raya utama. Pelabuhan Durban turun banjir, dengan kontainer pengiriman hanyut dan hancur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2231 seconds (0.1#10.140)