Petinggi UE kepada Zelensky: Tunjukkan Kami Bukti Pembantaian Bucha Tak Direkayasa

Minggu, 10 April 2022 - 04:12 WIB
loading...
Petinggi UE kepada Zelensky: Tunjukkan Kami Bukti Pembantaian Bucha Tak Direkayasa
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky diminta seorang petinggi Uni Eropa menunjukkan bukti pembantaian di Bucha tidak direkayasa. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kaget ketika seorang petinggi Uni Eropa (UE) menanyakan apakah pembantaian puluhan warga sipil di Bucha direkayasa. Sang presiden lantas diminta untuk menunjukkan bukti.

Zelensky mengatakan percakapan dengan politisi Uni Eropa, yang tidak diungkap namanya, sebagai yang terburuk sejak perang Rusia menginvasi Ukraina.

"Ada situasi buruk dengan seorang politisi Uni Eropa terkemuka. Saya tidak ingin membicarakannya. Dia pada dasarnya berkata: Tunjukkan kepada kami bukti bahwa semua ini tidak direkayasa. Bahwa orang-orang Anda benar-benar mati," kata Zelenskyy dalam sebuah wawancara dengan jurnalis BILD, Paul Ronzheimer.

Zelensky menolak menyebutkan nama politisi atau kapan tepatnya percakapan ini terjadi, tetapi pernyataannya muncul setelah sejumlah gambar-gambar kekejaman di Ukraina bermunculan.

Pada hari Jumat, stasiun kereta api di Kramatorsk, Donetsk, dihantam dua rudal yang menewaskan sedikitnya 50 orang dan melukai 100 lainnya.



Pavlo Kyrylenko, gubernur wilayah Donetsk, yang merupakan bagian dari wilayah Donbass, mengatakan lima dari mereka yang tewas adalah anak-anak.

Ukraina menuduh Rusia sebagai pelaku serangan. Namun, Moskow membantah dan menuduh balik pihak berwenang Kiev sebagai pelaku dengan bukti bangkai rudal Tochka U berada di lokasi serangan.

Zelensky mengatakan kepada Ronzheimer bahwa menurutnya Presiden Rusia Vladimir Putin sama sekali tidak mengerti apa yang terjadi.

"Saya yakin dia tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi. Dia telah memberikan perintahnya tetapi tidak tahu berapa banyak orang yang mati setiap hari dan apa yang terjadi dalam kenyataan. Berapa banyak orang, berapa banyak anak yang mati, berapa banyak bangunan yang dihancurkan, dibakar habis," kata Zelensky.

"Dia tidak tahu tentang semua ini dan dia tidak ingin tahu. Dia hanya butuh hasil," ujarnya, yang dilansir Minggu (10/4/2022).

Serangan di Kramatorsk menyusul berita bahwa mayat puluhan warga sipil ditemukan di Bucha, dekat Kiev.

Zelensky memberi tahu Ronzheimer bahwa ada lebih banyak kehancuran yang belum ditemukan.

"Beberapa kota hancur total. Beberapa kota tidak ada lagi—tidak ada lagi bangunan, tidak ada lagi orang. Saya tidak tahu apa yang akan kami temukan di sana," katanya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)