Mengejutkan, Clinton Sebut NATO Buka Pintu untuk Rusia Jadi Anggota

Minggu, 10 April 2022 - 01:27 WIB
loading...
Mengejutkan, Clinton Sebut NATO Buka Pintu untuk Rusia Jadi Anggota
Mantan presiden Amerika Serikat Bill Clinton mengatakan NATO buka pintuk untuk Rusia bergabung sebagai anggota aliansi. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Mantan presiden Amerika Serikat (AS) Bill Clinton mengatakan NATO tetap membuka pintu bagi Rusia untuk bergabung sebagai anggota aliansi.

Pernyataan tersebut mengejutkan karena Rusia merupakan penerus Uni Soviet, yang merupakan musuh NATO selama Perang Dingin.

Clintonmengaku pernah membuat janji kepada mendiang presiden Boris Yeltsin, yang memerintah Rusia antara 1991-1999, dan kemudian kepada penggantinya, Presiden Vladimir Putin yang berkuasa saat ini.

Pada akhir Februari, Putin mengingat percakapannya dengan Clinton tentang NATO pada tahun 2000, tetapi versinya melukiskan gambaran yang berbeda.



Menurut pemimpin Rusia itu, dia bertanya kepada Clinton bagaimana tanggapan AS jika Rusia bergabung dengan blok militer pimpinan AS dan menggambarkan reaksi Clinton "agak terkendali".

Dalam sebuah wawancara dengan penyiar BBC pada tahun 2000, Putin menolak untuk mengesampingkan kemungkinan keanggotaan Rusia di aliansi NATO, tetapi jika sebagai mitra yang setara.

“Kami membiarkan pintu terbuka untuk keanggotaan Rusia di NATO, sesuatu yang saya jelaskan kepada Yeltsin dan kemudian dikonfirmasikan kepada penggantinya, Vladimir Putin,” tulis Clinton di The Atlantic, dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada hari Kamis dan dikutip Russia Today, Sabtu (9/4/2022).

Dalam opininya, Clinton membela ekspansi blok itu ke arah timur setelah runtuhnya Uni Soviet.

“Jika Rusia memilih untuk kembali ke imperialisme ultranasionalis, NATO yang diperbesar dan Uni Eropa yang berkembang akan meningkatkan keamanan benua,” tulis Clinton.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)