Kedubes Rusia: Pasukan Kami Tak Pakai Rudal Tochka U

Sabtu, 09 April 2022 - 21:45 WIB
loading...
Kedubes Rusia: Pasukan Kami Tak Pakai Rudal Tochka U
Kedubes Rusia: Pasukan Kami Tak Pakai Rudal Tochka U. FOTO/Kedubes Rusia
A A A
JAKARTA - Dua rudal jenis Tochka U dilaporkan menghantam stasiun kereta api (KA) di Kramatorsk, Donetsk, Ukraina timur, menewaskan 50 orang termasuk lima anak. Rusia membantah tudingan sebagai pelaku serangan dan menuding balik Ukraina yang melakukannya.

Terkait serangan di Kota Kramatorsk, Kedubes Ukraina di Jakarta menyatakan, ada dua hal sederhana yang menjelaskan mengapa Ukrainalah yang sebenarnya menyerang kota itu, bukan Rusia.



“Pertama, pasukan Rusia tidak menggunakan senjata yang dipakai, yaitu rudal “Tochka U,” sebut pernyataan Kedubes Rusia, dalam rilis yang diterima Sindonews.

“Kedua, seperti kebanyakan rudal sejenis, rudal Tochka U memiliki bagian ekor dan kepala. Bagian ekor rudal selalu jatuh sedikit sebelum tujuan serangan, sedangkan bagian kepala jatuh langsung pada tujuannya,” lanjut pernyataan tersebut.

Pernyataan itu juga menyertakan foto di mana “ekor” dan “kepala” rudal jatuh. Dari situ bisa dipahami lintasan dan arah dari mana rudal itu diluncurkan. Kemudian, jangkauan rudal Tochka U kira-kira 120 km.

“Informasi ini memungkinkan kita untuk mendeteksi lokasi peluncuran rudal dan itu berasal dari wilayah yang dikontrol Ukraina, bukan Rusia. Provokosi mengerikan yang sekali lagi bertujuan untuk menyalahkan Rusia ini berakar dari strategi oposisi militer Suriah,” tambah pernyataan itu.



Pernyataan itu juga menyebutkan, semakin pasukan Rusia sukses, semakin banyak provokosi yang muncul. “Tujuannya hanya satu: menghalangi kemajuan pasukan Rusia selanjutnya. Di sinilah kita juga harus mengerti konteks apa yang sekarang terjadi di Donbass,” jelasnya.

Menurut Kedubes Rusia, Ukraina telah membawa lebih dari setengah pasukan mereka ke Donbass. Pada saat yang sama, makin banyak objek-objek militer yang menyuplai pasukan Ukraina dengan bensin, amunisi, dan infrastruktur lain dihancurkan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)
pixels