Duterte dan Jinping Sepakat Jaga Perdamaian di Laut China Selatan

Sabtu, 09 April 2022 - 19:26 WIB
loading...
Duterte dan Jinping Sepakat Jaga Perdamaian di Laut China Selatan
Duterte dan Jinping Sepakat Jaga Perdamaian di Laut China Selatan. FOTO/Reuters
A A A
MANILA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan Presiden China Xi Jinping menekankan perlunya menahan diri untuk menjaga perdamaian di Laut China Selatan , kata kantor kepresidenan Manila, Sabtu (9/4/2022).

Kedua pemimpin mengadakan percakapan telepon selama satu jam pada hari Jumat untuk membahas berbagai topik, termasuk kekhawatiran atas krisis Ukraina dan tanggapan pandemi COVID-19.



"Para pemimpin menekankan perlunya mengerahkan semua upaya untuk menjaga perdamaian, keamanan dan stabilitas di Laut China Selatan dengan menahan diri, meredakan ketegangan dan bekerja pada kerangka kerja yang disepakati bersama untuk kerja sama fungsional," kata kantor Kepresidenan Filipina dalam sebuah pernyataan.

Menurut kantor Kepresidenan Filipina, kedua belah pihak berkomitmen untuk memperluas ruang untuk keterlibatan positif, bahkan ketika ada perselisihan.

Sejak menjabat pada 2016, Duterte telah menjalin hubungan yang lebih hangat dengan Beijing, mengesampingkan perselisihan teritorial yang sudah berlangsung lama di Laut China Selatan dengan imbalan miliaran dolar bantuan, pinjaman, dan janji investasi.

Kedua presiden berbicara tentang pentingnya melanjutkan diskusi dan menyimpulkan kode etik di Laut Cina Selatan.



Putusan arbitrase internasional di Den Haag pada tahun 2016 membatalkan klaim China atas jalur air tersebut, yang dilalui perdagangan kapal senilai sekitar USD3 triliun setiap tahunnya. Kasus ini dibawa ke pengadilan oleh Manila.

Pada bulan Maret, Filipina mengajukan protes diplomatik atas kapal Penjaga Pantai China yang melakukan "manuver jarak dekat" yang meningkatkan risiko tabrakan di jalur air yang disengketakan.

Selain membahas banyak hal tentang Laut China Selatan, kedua pemimpin juga mengomentari perang yang tengah terjadi di daratan Eropa. Duterte dan Xi memperbarui seruan untuk resolusi damai situasi di Ukraina melalui dialog, dan berjanji untuk bekerja sama dalam mengatasi dampak perubahan iklim, kata kantor kepresidenan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)