Uni Eropa Ungkap Sanksi Baru terhadap Rusia, Hindari Impor Minyak dan Gas

Rabu, 06 April 2022 - 11:23 WIB
loading...
Uni Eropa Ungkap Sanksi Baru terhadap Rusia, Hindari Impor Minyak dan Gas
Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen. Foto/REUTERS
A A A
BRUSSELS - Komisi Eropa mengusulkan paket sanksi baru yang luas terhadap Rusia atas konflik di Ukraina.

Sanksi itu termasuk pembatasan impor batubara, larangan lebih banyak bank dan kapal Rusia memasuki pelabuhan Eropa. Namun, Brussel menghindari penargetan impor minyak dan gas alam dari Rusia.

Menurut kantor berita RIA Novosti, serangkaian pembatasan baru yang diumumkan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mencakup larangan USD4,4 miliar untuk impor batu bara dari Rusia; larangan total atas transaksi apa pun dengan empat bank Rusia, termasuk VTB; larangan kapal Rusia memasuki pelabuhan Eropa, kecuali untuk pengiriman makanan dan energi; larangan USD6 miliar untuk impor barang dari Rusia, termasuk kayu, semen, makanan laut, dan minuman beralkohol.



Larangan beberapa ekspor ke Rusia dalam jumlah USD11 miliar, termasuk produk semikonduktor, mesin dan peralatan transportasi, juga akan diperkenalkan.



Sanksi UE terbaru tampaknya telah menghindari impor minyak dan gas dari Rusia. Masalah ini telah memecah negara-negara anggota, yang sangat bergantung pada energi Rusia.



Rusia memenuhi sekitar 40% dari kebutuhan gas alam UE, bersama dengan sekitar 30% dari permintaan minyak mentahnya, dan sekitar setengah dari batubara termalnya, yang digunakan untuk bahan bakar pembangkit listrik.

Batubara termal adalah satu-satunya bahan bakar fosil yang ditargetkan oleh pembatasan baru, meskipun mereka tidak memenuhi larangan total.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2002 seconds (0.1#10.140)