Italia Usir 30 Diplomat Rusia Setelah Pembantaian Bucha

Selasa, 05 April 2022 - 22:49 WIB
loading...
Italia Usir 30 Diplomat Rusia Setelah Pembantaian Bucha
Italia usia 30 diplomat Rusia setelah pembantaian Bucha, Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
ROMA - Italia mengumumkan mengusir lebih dari dua lusin diplomat Rusia , menjadikannya bergabung dengan daftar negara yang membalas secara diplomatis tindakan Rusia yang mereka katakan merupakan kejahatan perang .

Keputusan Italia untuk mengusir 30 diplomat Rusia dengan alasan ancaman keamanan, mengikuti Denmark dan Swedia, masing-masing menanggapi pembantaian Bucha dengan mengusir puluhan diplomat pada Senin dan hari ini, Selasa (5/4/2022).

"Kami telah mengusir 30 diplomat Rusia karena alasan keamanan nasional," kata Menteri Luar Negeri Italia Luigi Di Maio.



"Langkah tersebut sesuai dengan mitra Eropa dan Atlantik lainnya dan diperlukan untuk alasan yang terkait dengan keamanan nasional kami dan dalam konteks krisis saat ini yang disebabkan oleh agresi yang tidak dapat dibenarkan terhadap Ukraina dari pihak Federasi Rusia," lanjut Di Maio seperti dilansir dari Washington Examiner.

Barat telah mengobarkan perang diplomatik terhadap Rusia dalam upaya untuk mencegah konflik militer. Sejak tentara Presiden Rusia Vladimir Putin menginvasi Ukraina pada Februari, negara-negara di Uni Eropa telah mengusir lebih dari 230 diplomat.

Denmark mengatakan pihaknya mengusir 15 "petugas intelijen" karena memata-matai, meskipun Menteri Luar Negeri Jeppe Kofod mengatakan negara itu ingin menjaga hubungan diplomatik tetap terbuka dengan Rusia, memungkinkan duta besar Rusia dan anggota kedutaan lainnya untuk tetap berada di negara itu.

Swedia mengumumkan pengusiran tiga diplomat Moskow karena melakukan “operasi ilegal”, mengklaim bahwa para diplomat itu “tidak bekerja di Swedia sesuai dengan Konvensi Wina tentang hubungan diplomatik.”

Awal pekan ini, Spanyol juga mengatakan akan mengusir sekitar 25 diplomat dan staf kedutaan Rusia, dengan mengatakan mereka mewakili "ancaman bagi kepentingan dan keamanan negara kita," dan Prancis serta Jerman masing-masing telah mengusir lebih dari 35 diplomat Rusia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)