Terungkap, Israel Ingin Tolong Assad dengan Imbalan Usir Iran dari Suriah

Selasa, 05 April 2022 - 13:54 WIB
loading...
Terungkap, Israel Ingin Tolong Assad dengan Imbalan Usir Iran dari Suriah
Presiden Suriah Bashar al-Assad. Israel di era Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berencana menolong Assad kembali ke posisi baik di masyarakat internasional dengan imbalan harus mengusir pasukan Iran dari Suriah. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Israel ternyata pernah berencana menolong Presiden Suriah Bashar al-Assad kembali ke posisi yang baik di masyarakat internasional. Imbalannya, dia harus mengusir pasukan Iran dari Suriah.

Rencana menolong Assad itu muncul dari Israel ketika dipimpin Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Bahkan, Netanyahu saat itu berencana untuk menormalkan kembali hubungan Israel dengan Suriah.

Rencana Netanyahu itu diungkap surat kabar Israel Hayom, Senin (4/4/2022).

Laporan itu diperkuat dengan keputusan Perdana Menteri Israel saat ini, Naftali Bennett, yang baru-baru ini membatalkan rencana pendahulunya untuk mengembalikan Assad ke komunitas internasional.



Laporan tentang rencana Netanyahu itu dimulai dari pertemuan puncak yang diadakan di kota Yerusalem tiga tahun lalu–dihadiri oleh penasihat keamanan nasional Amerika Serikat (AS), Israel, dan Rusia.

Rencana Netanyahu didasarkan pada asumsi bahwa rezim Suriah telah memperoleh supremasi atas semua kelompok oposisi dengan merebut kembali sebagian besar wilayahnya sepanjang perang, dan tidak lagi membutuhkan pasukan darat yang didukung Iran.

Laporan surat kabar itu juga mengutip seorang pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya, yang mengatakan bahwa Penasihat Keamanan Nasional Israel saat itu, Meir Ben-Shabbat, memperkenalkan rencana multi-langkah kepada rekannya kala itu dari Amerika, John Bolton, dan kepala Dewan Keamanan Rusia, Nikolai Patrushev.

Rencana tersebut bertujuan agar Assad menyerukan semua pasukan asing untuk mundur dari Suriah–termasuk sekutunya.

"Dalam sistem diplomatik, kepercayaannya adalah bahwa dalam kondisi yang diciptakan, penerimaan Assad dari sini, dan pengusiran Iran dari sini adalah hasil terbaik yang bisa kami capai," kata pejabat senior Israel tersebut.

Setelah penarikan itu, Suriah kemudian akan diterima kembali ke Liga Arab dan akan banyak diinvestasikan oleh negara-negara Teluk Arab, terutama Uni Emirat Arab (UEA).

Namun, rencana itu tidak akan datang tanpa tuntutan politik, karena bertujuan untuk membuat Damaskus melakukan serangkaian reformasi yang akan disepakati di ibu kota Austria, Wina, setelah itu akan ada pemilu untuk menentukan kepemimpinan Suriah.

Netanyahu menyetujui rencana itu dan mengundang negara-negara Arab yang memiliki hubungan dengan Israel untuk mendukung inisiatif tersebut, yang kabarnya sangat disukai oleh Yordania dan Mesir.

Pejabat itu mengatakan; "Meskipun ada kesepakatan di antara berbagai negara bahwa ini adalah hal yang benar untuk dilakukan...sebagai akibat dari kampanye pemilu yang sering di Israel, dan perubahan rezim di AS dan Israel di kemudian hari, prosesnya tidak berkembang."

Ada juga masalah apakah Assad bahkan mampu mencapai penarikan pasukan Iran dari negara itu karena kurangnya sumber daya yang cukup, yang Tel Aviv dan Washington secara khusus tidak percaya itu mungkin. Dalam keadaan seperti itu, keterlibatan internasional dibahas.

"Tidak ada cara lain untuk mengeluarkan Iran dari Suriah. Hanya kombinasi serangan militer dan proses diplomatik yang dapat membuat mereka mundur. Dalam rencana ini, tujuannya adalah menciptakan delegitimasi kehadiran Iran di Suriah," pejabat itu.

"Untuk itu, dukungan dan kesepakatan antara AS dan Rusia diperlukan, pertama dan terutama, dan itu memang tercapai."

Pada akhirnya, laporan itu menyatakan, rencana itu dibatalkan, tidak hanya karena perubahan dalam pemerintahan Israel dan Amerika, tetapi juga karena tampaknya semakin tidak layak.

"Situasi dapat tercipta di mana kita kalah. Kami berdua akan menjadi mitra 'halal' Assad dan ditinggalkan bersama Iran di Suriah," imbuh pejabat itu.

"Orang-orang Iran ada di sana atas permintaannya, dan sulit untuk melihat skenario di mana dia meminta mereka untuk pergi. Oleh karena itu, dari sudut pandang kami, cerita ini adalah urusan internal Arab. Kami bukan bagian darinya," paparnya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)