Ukraina Tembak Jatuh Jet Tempur Su-35 Rusia, Pilotnya Ditangkap

Senin, 04 April 2022 - 09:24 WIB
loading...
Ukraina Tembak Jatuh Jet Tempur Su-35 Rusia, Pilotnya Ditangkap
Jet tempur Su-35S Flanker-E Rusia ditembak jatuh pasukan Ukraina di dekat Izium, Minggu (3/4/2022). Pilotnya berhasil selamat, namun ditangkap pasukan Kiev. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Militer Ukraina menembak jatuh sebuah jet tempur Su-35S Flanker-E Rusia di dekat Izium, Minggu (3/4/2022). Pilotnya masih selamat, namun ditangkap pasukan Kiev.

Foto puing-puing jet tempur dan kondisi pilotnya telah beredar luas di media sosial.

Menurut sumber militer Kiev, Su-35S Rusia ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara Ukraina. Namun, jenis sistem pertahanan tersebut tidak diungkap.

Sebuah video yang beredar menunjukkan jet tempur itu terbakar, jatuh dan hancur setelah terkena tembakan sistem pertahanan.

Seorang pria dalam video itu terdengar berkata: "Ada yang jatuh di desa. Sialan! Sialan! Di sini, di sini...Oh tepat di rumah."



Wakil Menteri Dalam Negeri Ukraina Anton Gerashchenko membenarkan bahwa Su-35 ditembak jatuh oleh pasukan Ukraina."Kerusakan senilai 50 juta dolar untuk raksasa!" tulis dia di media sosial, seperti dikutip Mail Online, Senin (4/4/2022).

Gerashchenko melaporkan bahwa pilot jet tempur Rusia itu terlontar dan mencoba melarikan diri, tetapi kemudian ditangkap pasukan Kiev.

Su-35S Flanker E adalah varian generasi 4++ dari pesawat Su-27 Flanker.

Pesawat multirole ini memiliki fitur thrust-vectoring, cat penyerap radar, radar array yang dipindai secara elektronik pasif Irbis-E, IRST (Infra-Red Search and Track), sistem pengacau radar Khibiny.

Selain itu, ia dibekali kemampuan untuk menggunakan beberapa senjata menarik, termasuk ultra rudal udara-ke-udara jarak jauh R-37M yang dapat menargetkan HVAA (High Value Air Assets) seperti AWACS dan pesawat tanker musuh.

Sejauh ini, 19 pesawat Rusia dilaporkan ditembak jatuh oleh pasukan Ukraina sejak perang pecah 24 Februari.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1664 seconds (0.1#10.140)