Makan Pai Beracun Warga Ukraina, 2 Tentara Rusia Tewas, Ratusan Lainnya Sakit

Senin, 04 April 2022 - 07:35 WIB
loading...
Makan Pai Beracun Warga Ukraina, 2 Tentara Rusia Tewas, Ratusan Lainnya Sakit
Pemandangan di Kharkiv, Ukraina, hancur akibat invasi Rusia. Dua tentara Rusia tewas dan banyak lainnya jatuh sakit setelah makan pai beracun pemberian warga Ukraina. Foto/Ukrinform
A A A
KIEV - Dua tentara Rusia dari Divisi Senapan Motor Ke-3, tewas seketika setelah memakan pai beracun yang diberikan warga Izium, Ukraina , sebagai "hadiah".

Sebanyak 28 tentara Moskow juga dilarikan ke perawatan intensif setelah keracunan. Selain itu, ratusan lainnya dilaporkan menderita sakit parah akibat makanan dan minuman beracun.

"Warga Ukraina melawan penjajah dengan segala cara yang tersedia," kata Kementerian Intelijen Pertahanan Ukraina dalam sebuah pernyataan.

“Menurut informasi yang tersedia, penduduk lokal distrik Izium (wilayah Kharkiv) 'memperlakukan' orang Rusia dari Divisi Senapan Bermotor Ke-3 Federasi Rusia dengan pai beracun," lanjut pernyataan tersebut, seperti dikutip The Sun, Senin (4/4/2022).



“Akibatnya, dua penjajah tewas sekaligus, 28 lainnya dibawa ke unit perawatan intensif. Keadaan mereka saat ini sedang diklarifikasi.”

"Sekitar 500 prajurit lagi dari Divisi Senapan Bermotor Ketiga Federasi Rusia berada di rumah sakit karena keracunan alkohol parah yang tidak diketahui asalnya.”

Izium diperkirakan akan melihat lebih banyak pertempuran dalam beberapa minggu mendatang karena diketahui bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin sedang menyusun kembali pasukannya untuk pertempuran di Ukraina timur.

Tentara Moskow bisa menggunakan kota, yang dekat perbatasan Rusia, sebagai basis serangan ke Donbas.

Kontrol kota juga akan memungkinkan Rusia untuk mengisolasi pasukan selatan Ukraina dari mereka yang bertempur di utara.

Itu terjadi ketika Ukraina mengatakan telah mendapatkan kembali kendali atas wilayah Kiev, di mana pasukan Rusia mundur dari sekitar ibu kota dan kota Chernigiv.

Pejabat Ukraina mengatakan pada hari Sabtu bahwa pasukan mereka telah merebut kembali lebih dari 30 kota dan desa di sekitar Kiev, mengeklaim kendali penuh atas wilayah ibu kota untuk pertama kalinya sejak Rusia melancarkan invasi.

“Seluruh wilayah Kiev dibebaskan dari penjajah,” tulis Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Malyar di Facebook.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)