Wanita Hamil Korban Serangan Udara Rusia di RS Mariupol Buat Pengakuan Mengejutkan

Minggu, 03 April 2022 - 14:29 WIB
loading...
Wanita Hamil Korban Serangan Udara Rusia di RS Mariupol Buat Pengakuan Mengejutkan
Seorang blogger kecantikan asal Mariupol yang merupakan sosok wanita hamil dalam foto di sebuah rumah sakit yang disebut hancur oleh serangan Rusia membuat pengakuan terkait insiden tersebut.Foto/Sputnik
A A A
KIEV - Sejumlah foto perempuan hamil di sebuah rumah sakit Mariupol yang hancur akibat serangan udara Rusia menyebar di sejumlah media. Pejabat Amerika Serikat (AS) dan Eropa menggambarkan insiden itu sebagai bukti kejahatan perang Rusia. Namun Kementerian Pertahanan Rusia menolak tuduhan tersebut.

Setelah beberapa waktu, seorang blogger kecantikan asal Mariupol yang merupakan sosok perempuan hamil dalam foto tersebut kini muncul membuat pengakuan terkait insiden tersebut.

Marianna Vyshemirskaya, yang telah diubah menjadi simbol oleh media Barat untuk menopang klaim bahwa militer Rusia dengan sengaja membom salah satu rumah sakit bersalin di kota itu pada 9 Maret lalu, muncul ke publik untuk menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi.



Dalam serangkaian postingan cerita di halaman Instagram-nya, Vyshemirskaya, yang namanya salah dilaporkan sebagai "Vyshegirskaya" di banyak laporan Barat, menekankan bahwa rumah sakit itu tidak terkena serangan udara tetapi tampaknya ditembaki oleh artileri.

Vyshemirskaya juga menjelaskan bahwa segera setelah penembakan, foto dirinya dan wanita lain diambil tanpa izin oleh seorang reporter Associated Press yang mengenakan seragam militer dan helm.

“Saya menghabiskan waktu sekitar 30 menit di dekat rumah sakit bersalin. Di sinilah saya difoto. Saya adalah orang terakhir yang difoto. Ketika saya melihat reporter Associated Press mengambil gambar, saya memintanya untuk berhenti karena saya tidak menginginkan atau membutuhkan ini. Dia menjawab 'Ya, ya, baiklah', tetapi setelah saya dan seorang polisi yang setuju untuk menemani saya ke lantai dua gedung untuk menurunkan barang-barang saya, dia mulai lagi mengambil foto," kata perempuan itu seperti dikutip dari Sputnik, Minggu (3/4/2022).

Menurut Vyshemirskaya, bahkan penegak hukum Ukraina mengatakan kepada reporter untuk tidak mengambil gambar. Pada awalnya mereka mengabaikan hal itu, sebelum akhirnya pergi setelah diperingatkan untuk kedua kalinya.

“Saya tidak memberikan izin untuk foto saya diambil dan dipublikasikan. Mereka menerbitkannya atas inisiatif mereka sendiri," Vyshemirskaya menekankan.



Wanita itu mengatakan bahwa dua hari setelah kejadian itu, wartawan Associated Press kembali dan memintanya untuk wawancara.

“Saya menjawab bahwa saya apolitis dan tidak ingin memberikan wawancara apapun. Mereka mengatakan 'Kami juga apolitis, tetapi kami telah mempublikasikan foto Anda di Internet'," kenangnya.

Saat itulah pembunuhan palsu dan serangan informasi dimulai, katanya.

“Karena situasi yang berkembang, di mana mereka menjebak saya – karena saya tidak pernah setuju untuk mempublikasikan foto saya, saya terpaksa berkomentar, karena situasi saya dianggap palsu, bahwa tidak ada seorang pun di rumah sakit bersalin. Saya bilang ada wanita bersalin dan wanita hamil di rumah sakit… Mereka juga bertanya apakah ada serangan udara. Saya menjawab bahwa tidak ada yang mendengar serangan udara. Ledakan terjadi tetapi tidak ada suara sebelum atau sesudahnya (untuk menunjukkan pesawat). Informasi ini sepertinya tidak sesuai dengan keinginan mereka. Mereka memotongnya," ujarnya.

Dalam wawancara terpisah yang diterbitkan Sabtu, Marianna mengatakan dia dan suaminya pergi ke Rumah Sakit Bersalin #3 Mariupol setelah ditolak oleh Rumah Sakit Bersalin #2, yang tidak menerima pasien, dan Rumah Sakit Bersalin #1, yang katanya telah "diisi oleh militer".



Duta Besar Rusia untuk PBB Vasily Nebenzya menyebutkan pendudukan pasukan Ukraina di Rumah Sakit Bersalin #1 dalam sebuah pidato pada 7 Maret lalu.

Vyshemirskaya juga mengungkapkan kondisi sulit di rumah sakit, mengatakan bahwa suami dari wanita hamil harus tinggal di ruang bawah tanah rumah sakit, dan makanan harus disiapkan di dapur lapangan di halaman.

Vyshemirskaya mengatakan pasukan Ukraina di rumah sakit tidak melakukan apa pun untuk membantu, dan suatu hari bahkan datang dan mengambil makanan dari staf, mengatakan bahwa mereka belum makan selama berhari-hari.

Empat orang tewas, satu bayi meninggal karena lahir dalam kondisi mati, dan sedikitnya 17 lainnya terluka dalam serangan di rumah sakit Mariupol.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell menyebut insiden itu sebagai "kejahatan perang keji" oleh Rusia. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan itu adalah bukti bahwa "genosida Ukraina sedang terjadi".



Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov menolak klaim keterlibatan Rusia sebagai "provokasi informasi oleh Kiev", mencatat bahwa rezim gencatan senjata telah diumumkan oleh pasukan Rusia pada 9 Maret untuk memungkinkan evakuasi penduduk Mariupol, dan bahwa pesawat Rusia tidak terbang ke langit di atas kota hari itu.

Militer Rusia juga berulang kali memperingatkan tentang kehadiran pasukan Ukraina dan militan neo-Nazi Azov di rumah sakit kota itu.

Setelah diterbitkan oleh AP pada 10 Maret, foto-foto Marianna yang babak belur membawa selimut dengan latar belakang rumah sakit yang dibom menyebar seperti api secara online. Kantor berita tersebut memuat berita tersebut dengan judul utama: "Sebuah serangan udara Rusia menghancurkan sebuah rumah sakit bersalin pada hari Rabu di kota pelabuhan Mariupol yang terkepung di tengah meningkatnya peringatan dari Barat bahwa invasi Moskow akan mengambil giliran yang lebih brutal dan tanpa pandang bulu".

Foto-foto itu segera diambil dan digunakan secara luas oleh sejumlah outlet lain, dari BBC dan CNN hingga The Guardian, The Mirror, dan sejumlah outlet lainnya sebagai simbol "penyiksaan dan kebrutalan Rusia".

Serangkaian tweet oleh Kedutaan Besar Rusia di Inggris yang mengatakan bahwa insiden itu tampaknya dilakukan untuk memicu kemarahan lebih lanjut, dan akhirnya mendorong Twitter untuk menghapusnya.



Kisah Vyshemirskaya adalah yang terbaru dalam ekosistem palsu, misinformasi, dan disinformasi yang semakin padat yang muncul secara online selama krisis Ukraina.

Sebelumnya pasukan Ukraina yang dilaporkan tewas setelah dibombardir oleh pasukan Rusia di Pulau Ular, muncul dan dalam kondiri baik di Crimea. Selain itu, selama konflik Ukraina juga muncul legenda "Hantu Kiev" yang terkenal, pejuang legendaris Ukraina yang dilaporkan telah menembak jatuh banyak pesawat Rusia.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)