Wanita Hamil Korban Serangan Udara Rusia di RS Mariupol Buat Pengakuan Mengejutkan

Minggu, 03 April 2022 - 14:29 WIB
loading...
A A A
Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell menyebut insiden itu sebagai "kejahatan perang keji" oleh Rusia. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan itu adalah bukti bahwa "genosida Ukraina sedang terjadi".



Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov menolak klaim keterlibatan Rusia sebagai "provokasi informasi oleh Kiev", mencatat bahwa rezim gencatan senjata telah diumumkan oleh pasukan Rusia pada 9 Maret untuk memungkinkan evakuasi penduduk Mariupol, dan bahwa pesawat Rusia tidak terbang ke langit di atas kota hari itu.

Militer Rusia juga berulang kali memperingatkan tentang kehadiran pasukan Ukraina dan militan neo-Nazi Azov di rumah sakit kota itu.

Setelah diterbitkan oleh AP pada 10 Maret, foto-foto Marianna yang babak belur membawa selimut dengan latar belakang rumah sakit yang dibom menyebar seperti api secara online. Kantor berita tersebut memuat berita tersebut dengan judul utama: "Sebuah serangan udara Rusia menghancurkan sebuah rumah sakit bersalin pada hari Rabu di kota pelabuhan Mariupol yang terkepung di tengah meningkatnya peringatan dari Barat bahwa invasi Moskow akan mengambil giliran yang lebih brutal dan tanpa pandang bulu".

Foto-foto itu segera diambil dan digunakan secara luas oleh sejumlah outlet lain, dari BBC dan CNN hingga The Guardian, The Mirror, dan sejumlah outlet lainnya sebagai simbol "penyiksaan dan kebrutalan Rusia".

Serangkaian tweet oleh Kedutaan Besar Rusia di Inggris yang mengatakan bahwa insiden itu tampaknya dilakukan untuk memicu kemarahan lebih lanjut, dan akhirnya mendorong Twitter untuk menghapusnya.



Kisah Vyshemirskaya adalah yang terbaru dalam ekosistem palsu, misinformasi, dan disinformasi yang semakin padat yang muncul secara online selama krisis Ukraina.

Sebelumnya pasukan Ukraina yang dilaporkan tewas setelah dibombardir oleh pasukan Rusia di Pulau Ular, muncul dan dalam kondiri baik di Crimea. Selain itu, selama konflik Ukraina juga muncul legenda "Hantu Kiev" yang terkenal, pejuang legendaris Ukraina yang dilaporkan telah menembak jatuh banyak pesawat Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)