Lagi, Pesawat Tempur AS Cegat Dua Bomber dan Jet Rusia di Alaska

Kamis, 18 Juni 2020 - 05:33 WIB
loading...
Lagi, Pesawat Tempur AS Cegat Dua Bomber dan Jet Rusia di Alaska
Pesawat tempur F-22 Raptor AS mencegat pesawat pembom Rusia di Alaska. Foto/Newsbreak
A A A
WASHINGTON - Pesawat tempur Amerika Serikat (AS) mencegat dua formasi pembom Rusia yang memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara di lepas pantai Alaska pada Selasa malam waktu setempat. Ini adalah insiden kedua dalam seminggu terakhir.

Komando Pertahanan Udara Amerika Utara mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa formasi pertama pesawat Rusia terdiri dari dua bomber, ditemani oleh dua jet tempur, dan didukung oleh peringatan dini udara dan pesawat kontrol.

Formasi kedua terdiri dari dua pembom Rusia yang didukung oleh pesawat peringatan dini dan kontrol udara lainnya. Pesawat militer Rusia datang dalam jarak 32 mil laut dari pantai Alaska, tetapi tetap berada di wilayah udara internasional dan tidak pernah mereka memasuki wilayah udara kedaulatan AS.

"Ini adalah formasi Rusia yang penting di banyak lokasi," kata seorang pejabat pertahanan AS tentang dua insiden terbaru seperti disitir dari CNN, Kamis (18/6/2020).

AS menilai bahwa beberapa penerbangan Rusia hanyalah misi pelatihan.

"Tetapi laju kegiatan mungkin merupakan sinyal oleh Moskow bahwa mereka bertekad untuk mengimbangi penerbangan Amerika dari wilayah pesisir Rusia," kata pejabat itu.

Menurut pesan yang diposting di akun Twitter Kementerian Pertahanan Rusia, para pembom berada dalam penerbangan terjadwal di atas perairan netral Laut Chukchi, Laut Bering, Laut Okhotsk, dan Pasifik Utara.

Insiden Selasa mengikuti insiden serupa Rabu lalu, dan merupakan insiden kedelapan tahun ini di mana pesawat Rusia telah menembus Zona Identifikasi Pertahanan Udara Kanada atau Alaska. (Baca: Terbang Dekat Perbatasan, Jet F-22 AS Kawal Pembom Tu-95M Rusia )

Pada bulan Maret, jet tempur AS dan Kanada mencegat dua pesawat pengintai Rusia saat mereka terbang di lepas pantai Alaska. Ada juga beberapa penyadapan yang melibatkan pesawat militer Rusia di lepas pantai Alaska pada tahun 2019. (Baca: AS dan Kanada Cegat Dua Pesawat Mata-mata Rusia di dekat Alaska )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1467 seconds (0.1#10.140)