Pasukan Israel Tewaskan 3 Warga Palestina dalam Baku Tembak di Tepi Barat

Sabtu, 02 April 2022 - 22:59 WIB
loading...
Pasukan Israel Tewaskan 3 Warga Palestina dalam Baku Tembak di Tepi Barat
Pasukan Israel Tewaskan 3 Warga Palestina dalam Baku Tembak di Tepi Barat. FOTO/Reuters
A A A
YERUSALEM - Pasukan Israel membunuh tiga gerilyawan Palestina dalam baku tembak di Tepi Barat yang diduduki pada Sabtu (2/4/2022) pagi. Insiden ini meningkatkan kekhawatiran eskalasi kekerasan lebih lanjut selama bulan suci Ramadhan.

Media Israel mengatakan, empat anggota unit kontra-terorisme dari kepolisian Israel terluka, salah satunya serius. Pasukan mendapat kecaman ketika mereka berusaha menangkap tersangka militan di Tepi Barat utara.



Seperti dilaporkan AFP, ketegangan meningkat dalam beberapa hari terakhir, setelah penyerang Palestina menewaskan 11 warga Israel dalam serangan terpisah di seluruh negeri. Sabtu 2 April menandai awal Ramadhan. Dalam konflik Israel-Palestina, Ramadhan sering menjadi periode peningkatan gesekan dan konfrontasi.

Polisi Israel mengatakan, ketiga gerilyawan itu adalah anggota sel yang terlibat dalam serangan baru-baru ini terhadap pasukan Israel dan merencanakan serangan lain yang digagalkan selama operasi gabungan Sabtu pagi dengan militer dan intelijen.

Video langsung oleh saksi di media sosial menunjukkan sekelompok warga Palestina memeriksa lokasi bentrokan di dekat kota Jenin, setelah pasukan Israel mundur. Jalanan dipenuhi noda darah dan orang-orang itu meneriakkan slogan-slogan yang menyerukan balas dendam. TV Palestina melaporkan bahwa pasukan Israel menyita mayat para militan.



Menanggapi serangan Palestina baru-baru ini, lebih banyak pasukan Israel dikirim ke Tepi Barat dalam beberapa hari terakhir untuk meningkatkan pencarian, patroli dan serangan penangkapan. Dengan kematian pada Sabtu ini, tercatat sudah 7 warga Palestina tewas selama tiga hari, termasuk dua dalam baku tembak Kamis dan satu setelah dia menikam dan melukai seorang Israel di sebuah bus di Tepi Barat.

Pada hari Jumat, seorang pria Palestina dibunuh oleh pasukan di kota Hebron, Tepi Barat, selama bentrokan yang meletus setelah sholat masjid. Militer Israel mengatakan pasukannya menembak seorang Palestina yang melemparkan bom api ke arah mereka.

Beberapa ratus pemukim Yahudi hidup di bawah perlindungan militer yang ketat di jantung Hebron, sebuah kota berpenduduk lebih dari 200.000 orang Palestina dan rumah bagi situs suci utama yang disakralkan bagi orang Yahudi dan Muslim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)