China Adili Jurnalis Australia Atas Tuduhan Spionase

Kamis, 31 Maret 2022 - 14:41 WIB
loading...
China Adili Jurnalis Australia Atas Tuduhan Spionase
China adili jurnalis Australia, Cheng Lei, atas tuduhan mata-mata. Foto/SCMP
A A A
BEIJING - Pengadilan Beijing menggelar persidangan untuk jurnalis Australia dan mantan pembawa acara stasiun televisi, Cheng Li, secara tertutup. Cheng Li diadili dalam kasus diplomatik tingkat tinggi.

Cheng Li dituduh secara ilegal memasok rahasia negara ke luar negeri. Pihak keluarga menyatakan dia tidak bersalah.

Warga negara Australia kelahiran China itu bekerja untuk outlet media pemerintah China, CGTN, sebelum ditahan pada Agustus 2020. Canberra telah berulang kali menyuarakan keprihatinan atas penahanannya dan menyerukan agar "standar dasar keadilan" dipenuhi.



Hanya sedikit yang diketahui tentang sifat pasti dari dugaan pelanggaran yang dilakukan Cheng.

Berbicara kepada wartawan di luar ruang sidang pada Kamis (31/3/2022), duta besar Australia untuk China Graham Fletcher mengatakan dia dan pejabat Australia lainnya telah ditolak masuk ke persidangan. Pengadilan China sering melarang orang luar dari pengadilan yang dianggap sensitif secara politik.

"Ini sangat memprihatinkan, tidak memuaskan, dan disesalkan. Kami tidak dapat mempercayai keabsahan proses yang dilakukan secara rahasia," katanya, seraya menambahkan bahwa Australia akan terus mendukung dengan kuat hak dan kepentingan Cheng Lei, seperti dikutip dari BBC.

Fletcher mengatakan Cheng, yang sebelumnya dilaporkan menderita sakit selama dalam tahanan, sekarang dalam kondisi baik-baik saja. Pengacara Cheng juga mengatakan kepada media Australia bahwa dia dalam keadaan sehat dan bersemangat.

Fletcher menambahkan bahwa Australia telah meminta agar Cheng diizinkan untuk berbicara dengan anak-anaknya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)