Rusia: Ukraina Siap Penuhi Berbagai Tuntutan Utama Moskow

Kamis, 31 Maret 2022 - 00:01 WIB
loading...
Rusia: Ukraina Siap Penuhi Berbagai Tuntutan Utama Moskow
Negosiator utama Rusia Vladimir Medinsky mengikuti perundingan dengan Ukraina di Dolmabahce Palace, Istanbul, Turki. Foto/Sputnik/Sergey Karpuhin
A A A
ISTANBUL - Negosiator utama Rusia Vladimir Medinsky mengatakan pada Rabu (30/3/2022) bahwa Ukraina pada prinsipnya setuju untuk secara resmi menjadi negara netral.

Tawaran Ukraina untuk bergabung dengan NATO adalah salah satu alasan Moskow meluncurkan kampanye militer terhadap negara itu bulan lalu.

Medinsky membuat pernyataannya sehari setelah kedua pihak mengadakan pertemuan puncak perdamaian di Istanbul, Turki.



Dia mengatakan tim Ukraina mempresentasikan rancangan roadmap kesepakatan perdamaian di masa depan.



“Kemarin, untuk pertama kalinya, pihak Ukraina mengumumkan, tidak hanya secara lisan tetapi juga dalam bentuk tertulis, bahwa mereka siap memenuhi sejumlah syarat terpenting untuk membangun hubungan yang normal, dan mudah-mudahan, hubungan baik bertetangga dengan Rusia di masa depan,” papar dia, dilansir RT.com.



Dia menjelaskan, “Izinkan saya mengingatkan Anda bahwa setelah kudeta 2014 di Ukraina, Rusia telah mengajukan tuntutan ini kepada rezim Kiev, kepada para pendukungnya, terutama Amerika Serikat, selama bertahun-tahun.”

“Rusia mengusulkan negosiasi, mengusulkan untuk menyimpulkan berbagai jenis perjanjian yang seharusnya menjamin keamanan Ukraina dan memberikan kepentingan nasional Rusia di bidang ini,” papar dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1004 seconds (0.1#10.140)