Media Inggris Sebut Prospek FSB Rusia Mengudeta Putin Tumbuh Setiap Minggu

Sabtu, 26 Maret 2022 - 10:45 WIB
loading...
Media Inggris Sebut Prospek FSB Rusia Mengudeta Putin Tumbuh Setiap Minggu
Media Inggris sebut prospek FSB Rusia mengudeta Presiden Vladimir Putin tumbuh setiap minggu. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Media Inggris, The Times, melaporkan prospek Dinas Keamanan Federal (FSB) Rusia meluncurkan kudeta terhadap Presiden Vladimir Putin tumbuh setiap minggu. Laporan itu mengeklaim bersumber dari internal badan intelijen Moskow.

The Times, mengutip aktivis Rusia yang diasingkan; Vladimir Osechkin, melaporkan seorang pengungkap fakta "di jantung intelijen Rusia" telah mengungkap ketidakpuasan di internal FSB atas invasi ke Ukraina.

Osechkin telah menempatkan dirinya dalam daftar orang yang paling dicari pemerintah Rusia untuk pekerjaan sebelumnya yang mengekspos pelecehan di penjara-penjara negara itu.

Informasi yang dia bagikan dari agen intelijen Rusia datang dalam bentuk hampir selusin surat.



Osechkin mengatakan kepada The Times bahwa sebagian besar ketidakpuasan di antara agen FSB berasal dari efek sanksi Barat, yang berarti mereka tidak akan lagi dapat berlibur ke vila mereka di Italia dan membawa anak-anak mereka ke Disneyland Paris.

“Selama 20 tahun, Putin menciptakan stabilitas di Rusia. Petugas FSB, polisi, jaksa negara—orang-orang di dalam sistem—dapat menjalani kehidupan yang baik,” katanya.

“Tapi sekarang semua itu sudah hilang. Mereka mengakui bahwa perang ini adalah bencana bagi ekonomi, bagi kemanusiaan. Mereka tidak ingin kembali ke [era] Uni Soviet."

“Untuk setiap minggu dan setiap bulan perang ini berlanjut, kemungkinan pemberontakan oleh mereka yang berada di dinas keamanan meningkat," lanjut dia.

Osechkin mengatakan sumbernya mengambil "risiko yang sangat besar" dengan mengiriminya surat, mengingat intoleransi brutal rezim Putin terhadap perbedaan pendapat.

Ini terjadi di tengah penilaian terbaru dari intelijen Inggris, yang percaya bahwa Rusia telah menderita kerugian yang cukup besar di Ukraina sehingga sekarang ingin memobilisasi tentara cadangan dan wajib militernya, bersama dengan perusahaan militer swasta dan tentara bayaran asing.

“Tidak jelas bagaimana kelompok-kelompok ini akan berintegrasi ke dalam pasukan darat Rusia di Ukraina, dan dampaknya terhadap efektivitas tempur,” kata intelijen Inggris, yang dilansir Sabtu (26/3/2022).

Inggris juga melontarkan kemungkinan bahwa pasukan Rusia "dikepung" di sekitar Kyiv, setelah gagal dalam tujuan awal mereka untuk mengepung kota itu.

Sementara itu ada kekhawatiran yang berkembang bahwa gangguan komunikasi antara Amerika Serikat dan Rusia dapat meningkatkan ancaman konflik yang meluas di luar Ukraina.

Sebuah laporan baru mengungkapkan bahwa para pemimpin militer di AS tidak dapat menghubungi rekan-rekan Rusia mereka sejak invasi dimulai pada akhir Februari, meninggalkan dua kekuatan nuklir terbesar di dunia di bawah awan informasi.

Analis dari AS memperingatkan bahkan satu insiden atau salah perhitungan dari seorang tentara di lapangan dapat memicu efek kupu-kupu yang menghancurkan.

Mantan komandan sekutu tertinggi NATO James Stavridis menyoroti fakta bahwa mayoritas dari mereka yang bertempur masih sangat muda dan berpotensi memicu bencana yang jauh lebih besar dengan satu rudal yang salah tempat.

Risiko ini lebih buruk karena kurangnya komunikasi antara kepemimpinan AS dan Rusia.

“Ada risiko eskalasi yang tinggi tanpa adanya kontak langsung antara pejabat paling senior,” kata pensiunan Laksamana Stavridis kepada Washington Post.

“Orang-orang yang sangat muda terbang dengan jet, mengoperasikan kapal perang, dan melakukan operasi tempur dalam perang Ukraina. Mereka bukan diplomat berpengalaman, dan tindakan mereka dalam panasnya operasi dapat disalahpahami.”
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)