FSB Rusia Tangkap Mata-mata Ukraina The Baby di Moskow

Sabtu, 26 Maret 2022 - 08:06 WIB
loading...
FSB Rusia Tangkap Mata-mata Ukraina The Baby di Moskow
Para agen FSB Rusia menangkap mata-mata Ukraina dengan nama samaran The Baby di Moskow. Foto/The Telegraph
A A A
MOSKOW - Unit kontra-intelijen Dinas Keamanan Federal (FSB) Rusia telah menangkap seorang mata-mata Ukraina di Moskow dengan nama sandi "The Baby". Misi mata-mata itu adalah mengekspos aktivis dan jurnalis pro dan oposisi Kremlin.

Penangkapan itu penting karena merupakan salah satu yang pertama oleh FSB terhadap seorang mata-mata Ukraina sejak dimulainya perang pada 24 Februari.

Mata-mata tersebut mengaku berkewarganegaraan Ukraina.

Kremlin sebelumnya telah memerintahkan dinas intelijennya dan polisi untuk meningkatkan upayanya untuk menangkap "pengkhianat" dan mata-mata musuh saat perang di Ukraina berakhir menjadi kampanye yang jauh lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya.

“Saat mencoba mendapatkan data tentang personel militer yang berpartisipasi dalam operasi khusus Kementerian Pertahanan Federasi Rusia di Ukraina, tersangka ditahan di kota Moskow,” kata FSB dalam siaran pers, seperti dikutip The Telegraph, Sabtu (26/3/2022).

Baca juga: Terungkap, Putin Kerahkan Beberapa Kapal Selam Rudal ke Atlantik Utara saat Nuklirnya Siaga Tinggi

Kemudian, sebuah video muncul di surat kabar pro-Kremlin; Izvestia, dengan apa yang tampak sebagai penangkapan dan kemudian interogasi terhadap sosok "The Baby".

Video dimulai dengan tiga petugas FSB dengan kasar memborgol seorang pria berjanggut yang tergeletak di jalan Moskow yang bersalju.

Petugas FSB lainnya berjalan ke arah pria tersebut, menarik kepalanya dengan kasar ke arah kamera dan menuntut untuk mengetahui kewarganegaraannya.

"Ukraina," jawab pria itu.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3772 seconds (11.252#12.26)